Galang Simpai II: Galang yang Khas, Unik dan Menarik

by -1071 Views

Galang Simpai
Bebera tahun lalu saya bersama kawan-kawan pernah membuat gelang yang serupa, namun tidak tahu apa nama gelang dan bahan pembuat gelang tersebut. Tidak tanggung-tanggung, di bawah rintikan hujan kami pergi ke Loksado mendatangi perkampungan yang menyediakan jasa untuk membuat gelang tersebut.
Akhirnya kesampaian, meskipun rela melewatkan wisata ke Air Terjun Haratai yang fenomenal, karena kondisi cuaca dan keterbatasan waktu, jadi harus memilih salah satu destiasi atau tujuan. Semua sepakat untuk membuat gelang. Inilah salah satu keunikan dan kekhasan gelang tersebut, yaitu kita harus datang langsung ke tempat atau orang yang bisa membuatkan gelang tersebut.
Selain itu, gelang ini langsung dibuat atau diayam di tangan kita, kemudian bahannya yang diambil langsung di Pegunungan Meratus.
Gelang tersebut adalah “Galang Simpai”, dinamakan
galang simpai karena terbuat dari simpai atau orang setempat menyebutnya Ala Am. Bentuknya sangat unik dan kecil, serta diambil dalam batang sebesar lidi.

Perkampungan Dayak Loksado

Tertarik untuk memilikinya, silahkan untuk mendatangi perkampungan Dayak di Pegunungan Meratus (mungkin perkampungan Dayak lain juga ada, untuk sementara yang saya ketahui cuma di sana). 

Pembuatan Galang Simpai
Inilah suasana pembuatan Galang Simpai, sangat ramai dan banyak mengantri. 







Pembuatan Galang Simpai
Di sini juga ada anak cewe yang bisa membuat, jadi para kaum hawa yang ingin memiliki Galang Simpai juga bisa (k’lo tidak mau yang membuatnya laki-laki, hee) 




Galang Simpai sudah dapat dimiliki dan menjadi salah satu aksesoris di tangan kita.

Galang Simpai
#Galang Simpai #Loksado 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *