Kalsel Siap Jadi Tuan Rumah HMPI 2018

by -555 Views

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor
Menanam Pohon pada Peringatan HMPI 2017
Di Gunung Kidul Yogyakarta
Bingkaibanua.com Yogyakarta, Kalimantan Selatan (kalsel) menyatakan siap menjadi tuan rumah peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2018, sebagai bagian dari sinergitas upaya peningkatan kualitas lingkungan secara nasional.
“Momen Hari Penanaman Pohon Indonesia sangat penting bagi daerah sebagai wujud kebersamaan untuk meningkatkan kualitas lingkungan, terutama penyelamatan lingkungan di lahan kritis,” ucap Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, usai menerima penghargaan nasional di bidang lingkungan, di Desa Karengasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.
Menurut Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin, upaya peningkatan kualitas lingkungan harus terus digelorakan dengan melibatkan segenap komponen masyarakat. Caranya adalah keterlibatan pemerintah daerah secara langsung di masyarakat dengan terus mengajak masyarakat agar terus menanam, menanam dan menanam untuk anak cucu kita.
Melihat pentingnya aksi penanaman dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat serta stakeholder terkait, Kalimantan Selatan siap menjadi tempat penyelenggaraan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2018.
Berkaitan hal itu, Paman Birin meminta kepada seluruh pihak terkait di daerah untuk terus mempersiapkan dan melakukan komunukasi terukur dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
“Saya berharap kepada Dr Hanif Kadishut Kalsel untuk terus melakukan komunikasi terukur dengan pihak pusat agar memilih Kalsel  sebagai tuan rumah Hari Penanaman Pohon Indonesia 2018,” tandasnya.
Sementara itu Presiden RI H Joko Widodo memberikan apresiasi tinggi kepada kepala daerah yang berhasil mendapatkan penghargaan nasional pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2017.
“Prestasi nasional ini merupakan wujud penghargaan pemerintah atas dedikasi dan upaya nyata pemerintah daerah dalam kerja bersama meningkatkan kualitas lingkungan,” terang Presiden.
Presiden berharap, kegiatan menanam pohon bukan lah pekerjaan sederhana. Tidak sekadar tanam lalu dibiarkan tumbuh. 
“Jangan hanya menanam, tetap terus lakukan pemeliharaan agar program yang dilakukan benar-benar bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” pesanya.(humas kalsel/bb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *