Paman Birin Bersama Puluhan Ribu Jemaah Hadiri Haul Datu Kelampayan Ke-212

by -702 Views

Martapura – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor bersama puluhan ribu jamaah larut dalam suasana khusyuk mengikuti tahlilan  Haul Akbar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary yang ke-212, di Masjid Tuhfaturoghibin, Desa Dalam Pagar Ulu, Rabu (20/6). 
Gubernur Kalsel, Paman Birin (Pakai Peci Htam) Berjalan Bersama Jemaah Menghadiri Haul ke-212 Datu Kelampayan
Meski hujan turun sejak pagi hari, tidak menyurutkan niat para jemaah menuju.lokasi tempat kegiatan haulan.
Paman Birin dalam sambutannya mengatakan, sosok Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau yang dikenal dengan nama Datu Kelampayan,  merupakan ulama besar yang dianugerahkan Allah SWT  bagi Kalimantan Selatan. Beliau tidak hanya menjadi panutan bagi masyarakat Kalsel, tapi juga bagi masyarakat lainnya di Nusantara bahkan hingga negeri tetangga.
Melalui kitab-kitab yang Beliau tuliskan, menjadi rujukan dari masa ke masa, dari generasi ke generasi. Salah satunya adalah Kitab Sabilal Muhtadin yang kini namanya diabadikan menjadi nama Masjid Raya di Kota Banjarmasin  kebanggaan Urng Banua. 
“Melalui karya-karya Beliau yang dituliskan, salah satunya adalah Kitab Sabilal Muhtadin, menjadi rujukan bagi masyarakat muslim, tidak hanya di daerah kita, tetapi juga hingga manca Negara” ujar Paman Birin. 
Melalui haulan ini juga, Paman Birin mengajak kepada para jemaah untuk meneladani sosok Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary.
Keteladanan dalam menuntut ilmu mengamalkan ilmu agama, dan keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga tercipta kedamaian, dan keteguhan persatuan dan kesatuan. 
Dalam kesemoatan ini pula, Paman Birin menepati janji di tahun lalu, bahwa di tahun depan akan merehab makam Datu Kelampayan. 
“Sesuai janji saya pada haulan sebelumnya, bahwa di tahun 2018 Makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary akan direnovasi” ucapnya. 
Haulan ini dihadiri Para Habaib, Alim Ulama, Sejumlah pejabat, Seperti Anggota DPR RI, Jajaran Forkopimda Prov Kalsel, Sekretaris Daerah Prov Kalsel, H Abdul Haris, MSi, Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, dan Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansur, Bupati Tanah Bumbu, Walikota Ibnu Sina Mardani H Maming, Bupati HSU, H Abdul Wahid, Penjabat Bupati Tapin, Gusti Syahyar, serta Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel. (rny)

Response (1)

  1. 😄 thank you so much for this amazing website me and my family admired this depicted object and sixth sense

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *