,

Sukses Adalah Istiqamah

by -45 views

(Catatan dari tulisan Prof. Mujiburrahman, Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Senin 28 Januari 2019 di Harian Banjarmasin Post)

Kita sering mendengar kata “sukses” dan kata ini menjadi impian, tujuan, dan cita-cita setiap orang. 

Orang yang belajar atau sekolah ingin sukses dengan lulus dan nilai yang bagus. Orang yang bekerja gigih ingin sukses memperoleh harta kekayaan, para aparatur bekerja dan berusaha untuk meraih jabatan sebagai bentuk kesuksesan berkarir. Para politisi juga memiliki ambisi untuk menjadi pemimpin atau wakil rakyat.

Inilah sebagai besar pandangan atau pengertian banyak orang tentang “sukses”.

Lantas, apa yang kita lakukan setelah mencapai keberhasilan tersebut, berhasil mencapai kesuksesan tersebut? Kita bahagia? Jelas bahagia karena keberhasilan yang diraih adalah hasil kerja keras dan impian dari kita.

Kita sekolah, kuliah terus lulus, kita bahagia. Kita berhasil menjadi PNS, bahagia. Kita berhasil menduduki puncak karir, bahagia. Tapi bahagia itu hanya sesaat setelah mencapainya. 1, 2 hari ke depan apakah kita masih merasakan kebahagiaan?

Setelah kita lulus dari SMA misalnya, kita akan dihadapkan dengan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Setelah kita lulus CPNS, menjadi PNS berbagai dinamika, pekerjaan, pengabdian sudah menunggu kita, bahkan tawaran kreditpun akan menghampiri kita, (hee). Setelah kita menduduki jabatan karir tertinggi, jabatan publik, berbagai tantangan dan kepentingan akan kita hadapi. Apakah kita sudah sukses?

Saya pernah membaca buku motivasi, dan mengiyakan satu buah prinsip tentang kesuksesan dan menjadi pegangan saya hingga sekarang, yaitu “Sukses bukanlah hasil tapi proses menuju keberhasilan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *