Masjid Quwwatul Islam Yogyakarta, Masjid Kebanggaan Urang Banjar

by -64 views
Masjid Quwwatul Islam berada di Jalan Mataram Nomor 1 Yogyakarta, dikenal sangat dekat dengan masyarakat Banjar dan Kalimantan.Hal tersebut terlihat dari Bangunan Masjid yang perpaduan corak Kalimantan Selatan dan Budaya Yogyakarta.

Corak khas Kalimantan Selatan pada bangunan masjid ini terlihat dari bentuk atapnya. Atap menara seperti Masjid Sultan Suriansyah, juga ada pernak-pernik khas Kalimantan Selatan.

Sementara unsur Budaya Yogyakarta sendiri terletak pada menara golong giling.

Site Plan Masjid Quwwatul Islam Yogyakarta

Mulanya, masjid ini merupakan Langgar Kalimantan yang didirikan tahun 1943 di atas tanah hadiah dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX, kemudian berubah Masjid Quwwatul Islam.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Quwwatul Islam, Djunaidi AB.HAM menyampaikan, pembangunan masjid saat ini sudah mencapai 90 persen.

“Pembangunan masjid sudah tiga tahun lebih. Sudah hampir selesai, mudah-mudahan tahun ini selesai,” ujarnya.

Lanjut Djunaidi, sampai pada tahap ini, pembangunan Masjid Quwwatul Islam sudah menelan anggaran sebesar Rp 14.5 miliar.

Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Yogyakarta, H Nurjidin Idrus mengungkapkan keinginan warga Banjar yang menetap di Yogyakarta untuk segera meresmikan Masjid Quwwatul Islam, Yogyakarta.

“Seperti yang kita lihat sekarang, Masjid Quwwatul Islam, masjid kebanggaan urang Banjar sudah hampir selesai dan berharap tahun depan bisa diresmikan” ujarnya Sabtu (29/6).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *