Paman Birin Resmikan Listrik Tiga Desa di Aranio

by -28 views
BANJAR – Harapan masyarakat di tiga desa Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan  untuk bisa menikmati listrik secara penuh  akhirnya terwujud. 
Ini setelah Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melakukan peresmian operasionalisasi penerangan listrik 24 jam di tiga desa, yaitu Desa Rantau Bujur, Rantau Balai dan Apuai, Rabu (19/6) siang.
H Subliansyah Kepala Desa Rantau Bujur mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atas fasilitasi dan dukungan akses jalan hingga PT PLN bisa  membangun sarana kelistrikan di desa mereka.
Dikemukakan, sejak pembangunan jalan poros di desa mereka, beragam manfaat dirasakan masyarakat.
Sebab, seiring dengan pengerasan badan jalan menuju pusat Kota Martapura, masyarakat bisa melakukan aktivitas.
“Kami bisa beraktivitas, kami bisa menjual hasil kebun, seperti kayu manis, lada, karet, perikanan dan lain- lain. Sebelum ada jalan, warga hanya mengandalkan kelotok sungai,” tuturnya.
Subliansyah juga mengucapkan terima kasih kepada PT PLN yang juga merespon harapan belasan  tahun aspirasi atas ketersediaan fasilitas listrik.
Abdullah, warga RT 02 Desa Rantau Bujur mengatakan, salah satu kesulitan PLN membangun jaringan listrik saat itu adalah karena terkendala belum ada sarana jalan. 
“Alhamdulillah, dulu listrik hanya nyala 12 jam dalam sehari, mulai hari ini sudah bisa 24 jam. Terima kasih Paman Birin dan PLN, ” ucapnya.
Plh GM Wilayah VI Kalselteng Sari Indah Damayanti mengatakan, PLN bekerja keras untuk bisa menghadirkan listrik secara penuh untuk masyarakat.
“Ini adalah upaya untuk mewujudkan cita-cita mulia kami untuk selalu berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui ketersedian listrik yang handal,” sebutnya.
Untuk mewujudkan suplai listrik secara penuh di tiga desa ini, infrastruktur listrik yang sudah dibangun adalah jaringan tegangan menengah sepanjang 17 kilometer sirkuit serta 2 buah trafo dengan kapasitas 100 KVa dan 2 buah trafo dengan kapasitas 25 kVa dengan nilai investasi Rp 8 miliar. 
Sementara Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih kepada PLN yang terus berupaya dan bergerak cepat untuk membuka akses kelistrikan di Kalsel.
Menurut Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, kebutuhan listrik menjadi kebutuhan utama masyarakat. Hampir seluruh aktivitas kehidupan manusia saat ini tergantung dengan adanya listrik. 
Paman Birin meyakini, dengan maksimalnya suplai listrik ke tiga desa tersebut memberikan dampak yang besar untuk mendorong perkembangan desa dan peningkatan taraf hidup masyarakat.(bdm/syh/rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *