Bupati HSS Achmad Fikry Tokoh Nasional Peduli Lansia

by -70 views
Bandung – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry meraih penghargaan sebagai salah satu Tokoh Nasional Peduli Lansia.
Penghargaan sebagai tokoh nasional peduli lansia diterima oleh Bupati HSS Achmad Fikry dari Kementerian Sosial RI.
Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan penghargaan tersebut  pada puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Nasional 2019 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu 10 Juli 2019.
Kepala Daerah lainnya yang memperoleh penghargaan yang sama, yaitu Walikota Bandung Oded M. Danial, Walikota Jambi Syarif Pasha, Walikota Padang Mahyeldi Anshrullah, Bupati Bandung Dadang Naser, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Bupati HSS, Achmad Fikry Bersama Ketua TP PKK Prov Kalsel Seusai Menerima Penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia / foto: istimewa
Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa lansia bukan halangan untuk tetap berkontribusi kepada negara dan masyarakat. Sebagai generasi muda, lanjut Agus, kita perlu mendukung semangat positif para lansia, seperti yang terlihat dalam acara HLUN 2019 yang dihadiri sekitar 6.000 lansia.
Pemerintah juga akan mendorong agar aturan batas usia lansia 60 tahun diubah menjadi 65 tahun. Karena menurut Agus, usia 60 adalah usia yang masih produktif dan aktif. Sesuai dengan tema HLUN 2019 “Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat.”
“Tentu saya akan mempertimbangkan untuk mendorong adanya revisi aturan itu agar lansia kita tetapkan pada umur 65 tahun,” katanya.
Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa Indonesia telah memasuki era dengan penduduk berstruktur tua. Era tersebut dimulai pada tahun 2000 dengan proporsi lansia mencapai 7,18%, sedangkan suatu negara yang dikategorikan negara bertsruktur tua apabila proporsi lansia mencapai 7% ke atas.
Pertumbuhan jumlah lansia dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada 2005 terdapat 8,5% penduduk lansia, pada 2010 ada 9,77% penduduk lansia, dan diakhir 2018 jumlah penduduk lansia mencapai 24,4 juta jiwa atau 9,27% dari total populasi Indonesia. Pada 2020 jumlah lansia di Indonesia diperkirakan akan mencapai 11,3%.
“Tentu hal ini sudah seharusnya pemerintah baik pusat maupun daerah bekerja sama dengan lembaga non-pemerintah untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada lansia,” katanya.(rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *