Even Nasional Turut Pacu Peningkatan Ekonomi Daerah

by -83 views
BANJARBARU – Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Kalimantan Selatan, Herawanto memuji keuletan Gubernur H Sahbirin Noor dan instansi terkait dalam menjemput event- event  berskala nasional.
“Event nasional yang digelar Kalsel, mampu meningkatkan transaksi perekonomian secara umum, seperti hunian hotel dan penginapan, maskapai penerbangan, serta usaha kerakyatan lainnya,” terang Herawanto, Jumat (5/7/2019).
Dari berbagai event nasional, sektor riil pasti bergerak dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.
“Sosok Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel, yang ulet menjemput event berskala nasional turut memberikan kontribusi positif bagi peningkatan ekonomi daerah,” ucapnya.
Disisi lain, Herawanto juga memberikan saran, pentingnya pemantapan sinergi provinsi kabupaten/kota  untuk lebih memacu ekonomi daerah.
Pameran dan gelar Dagang Hari Keluarga Nasional Tahun 2019 di Kalsel

Misal saja sektor pariwisata. Penting strategi sistem paket yang terintegrasi. Ini penting agar wisatawan saat berkunjung tidak hanya ke satu tempat, tetapi juga ke daerah lainnya.

Sementara itu sejalan dengan membaiknya kondisi perekonomian, tingkat kemiskinan di Kalsel dapat diturunkan dari 4,70 persen di tahun 2017 menjadi 4,54 persen di tahun 2018. Angka ini jauh lebih rendah dari tingkat nasional.
Perbaikan ekonomi juga mendukung penambahan kesempatan kerja, sehingga tingkat pengangguran terbuka Kalsel turun dari 4,77 persen pada 2017 menjadi 4,50 di tahun 2018.
Pada tahun 2018, daya beli masyarakat juga stabil. Ini karena inflasi mampu dikendalikan oleh regulasi terukur. 
Inflasi Kalsel tercatat 2,63 persen. Angka ini lebih rendah dari angka rata-rata inflasi di Kalimantan dan Nasional.(bdm/rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *