,

HKSN 2019 di Kalsel Angkat Tema Kesetiakawanan Menembus Batas

by -218 views
Ilustrasi

Banjarbaru – Perhelatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 di Kalsel akan digelar pada tanggal 14 hingga 20 Desember 2019.

Kalsel kembali dipercaya pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Sosial untuk menjadi tuan rumah HKSN Tahun 2019.

Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita datang langsung memipin rapat persiapan peringatan HKSN Tahun 2019, Rabu (24/7).

Tema yang diangkat dalam peringatan HKSN 2019 di Kalsel adalah Kesetiakawanan Menembus Batas.

Mensos dalam arahannya menekankan penyelenggaraan HKSN melibatkan generasi muda untuk menumbuhkan kembali rasa kesetiakawanan yang mulai memudar.

“Pada kesempatan ini saya menekankan bahwa kegiatan HKSN, sejak awal harus sudah melibatkan generasi muda, dari perencanaan hingga pelaksanaan. Ini penting, karena ada kekhawatiran semangat kesetiakawanan memudar. Marilah kita gunakan HKSN menumbuhkan kembali semangat kesetiakawanan,” katanya.

Sementara Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos RI, Pepen Nazaruddin mengatakan, ada perbedaan penyelenggaran HKSN tahun 2019 di Kalsel dibandingkan tahun kemarin.
Terutama pada Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS), tahun ini di Kalsel akan melibatkan kabupaten/kota.

“Ada 6 titik atau etape yang akan menjadi lokasi LBKS yakni dimulai pada tanggal 14 Desember di Kabupaten Tabalong, kemudian Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjar dan selesai di Banjarmasin,” katanya.

Menariknya, LKBS ini menggunakan dua jalur yakni darat dan sungai. Rencananya untuk rute terakhir direncanakan akan menyusuri Sungai Martapura dari Dermaga Lok Baintan menuju Balai Kota Banjarmasin dengan jarak kurang lebih 30 km.

Kegiatan LKBS di setiap etape adalah penyerahan bantuan sembako, pengobatan gratis, bantuan perlengkapan sekolah donor darah dan kegiatan lainya sesuai kondisi daerah.

Pada rapat tersebut juga disepakati bersama bahwa tema HKSN 2019 adalah Kesetiakawanan Menembus Batas.(syh/rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *