Insan Perbankan Dukung Majukan Wisata Kalsel

by -64 views
Wisata Susur Sungai di Kalsel / foto: humas kalsel

BANJARMASIN – Insan perbankan banua yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Kalsel, mendukung penuh untuk pengembangan dan kemajuan pariwisata di Kalsel.

BMPD Kalsel menggelar konvoi susur sungai dengan menggunakan kelotok (perahu motor) di Sungai Martapura, Sabtu (20/7).

Dikatakan Kepala BMPD Kalsel, Herawanto, kegiatan konvoi susur sungai oleh insan perbankan ini merupakan bentuk nyata dukungan Bank Indonesia beserta perbankan lain dalam mendorong terciptanya sumber perekonomian baru melalui sektor pariwisata.

“Ini merupakan salah satu cara kami dalam mendukung pariwisata di Kalsel, selain juga mensosialisasikan kemudahan transaksi dengan fasilitas elektronik pengembangan pariwisata di Kalsel” jelas Herwanto.

Ditambahkan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalsel ini, kemudahan transaksi wisata susur sungai disediakan dengan fasilitas e-klotok.

Sistem ini untuk kemudahan sewa klotok yang merupakan bagian dari elektronifikasi pariwisata.

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Forkopimda dan stakeholder terkait serta masyarakat luas.

Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel dalam kesempatan itu mengapresiasi dan mengungkapkan gembiranya atas kegiatan yang digagas BMPD Kalsel.

Diterangkan Paman Birin, pembangunan sektor kepariwisataan harus semakin ditingkatkan. Pasalnya, pariwisata adalah sektor sumberdaya masa depan yang memiliki magnet nilai jual luar biasa.

Ia pun menyambut gembira dan berterima kasih atas kegiatan wisata susur sungai partisipasi pihak perbankan.

Menurutnya, wisata susur sungai juga bagian dari upaya memulihkan kembali sungai-sungai yang fungsinya telah menurun.

Khusus wisata susur sungai, Paman Birin mengajak semua pihak agar memperhatikan pelestarian budaya dan pengembangan pariwisata berbasis sungai secara berkelanjutan.

Dalam kegiatan susur sungai, BMPD dan Paman Birin menyerahkan 15 tempat sampah untuk 2 Kampung Hijau dan Biru di Banjarmasin.

Susur sungai yang dirangkai dengan lomba hias kelotok diikuti oleh 39 perbankan di Kalsel bertemakan Bhineka Tunggal Ika, Cintailah Rupiah, Bela Negara Tanpa Senjata.(dv/rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *