, , ,

Instruksi Gubernur Kalsel Mampu Tumbuhkan Penerimaan Zakat

by -188 views
Baznas Prov Kalsel Menerima Pembayaran Zakat

Diungkapkan Hanifah, sebagaimana amanat tertulis Gubernur Kalsel, gerakan kebangkitan zakat mesti terus digelorakan. Karena selain rukun islam dan tanda kesempurnaan keislaman seseorang, zakat juga memiliki dimensi dalam tatanan kehidupan sosial, pemberdayaan umat secara ekonomi, dan sekaligus juga potensi untuk menaggulangi kemiskinan.

“Potensi zakat sangat besar, karena negeri ini mayoritas penduduknya beragama islam, apalagi di Kalsel. Dari 4,1 juta penduduk Kalsel saat ini, lebih dari 90 persen beragama islam. kita bisa bayangkan, begitu besarnya dana yang bisa kita kumpulkan dari orang-orang yang mempunyai kewajiban membayar zakat” tuturnya.

Gubernur mengharapkan potensi zakat yang cukup besar di daerah ini mesti dioptimalkan. Kesadaran masyarakat untuk mau berzakat juga lebih ditumbuhkan.

Selain itu, lanjut Gubernur, perlu dipikirkan bagaimana caranya penggunaan zakat yang produktif bagi penerima zakat, terutama kelompok fakir dan miskin, sehingga zakat bukan hanya kewajiban dan aktivitas kemanusiaan, tetapi juga mampu memberdayakan masyarakat miskin.

“Oleh karena itulah, kehadiran baznas kita harapkan mampu memainkan perannya dalam pengelolaan zakat yang lebih profesional. Baznas diharapkan memiliki strategi dan cara yang elegan dalam mengurus zakat,” harapnya.

Gubernur juga mengajak para pejabat, pimpinan lembaga dan karyawan di lingkungan pemerintahan dan seluruh lapisan masyarakat, kiranya menghidupkan semangat untuk menggelorakan zakat di tengah kehidupan masyarakat Kalsel.

Hadir dalam kegiatan ini, berbagai perwakilan koordinasi Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) dari intansi pemerintah, maupun swasta, perguruan tinggi dan Perbankan yang ada di Kalsel.

Hadir juga Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed, SE, M Han, Kepala Kemenag Provinsi Kalsel, Noor Fahmi, Ketua Program Pengumpulan Baznas Pusat Faisal Kosim, Direktur Operasional Bank Kalsel Ahmad Fatrya Putera.(rny/rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *