,

Mata Kering? Ini dia Penyebabnya dan Atasi dengan Insto Dry Eyes

by -541 views

Insto dry eyes – Mata kering terkadang menjadi salah satu masalah yang menjengkelkan. Akan terasa sangat tidak enak sekali saat mata tersebut terasa kering. Namun hal tersebut tentunya bukan tanpa sebab, dalam hal ini tentunya ada sebab yang mendasarinya. Kali ini kami akan coba membagina beberapa penyebab mata kering tersebut. Sebenarnya dalam hal ini ada berbagai alasan kenapa Anda bisa mengalami mata kering tersebut, walaupun satu penyebab pasti mungkin tidak bisa ditemukan. Beberapa kemungkinan penyebab, di antaranya yaitu:

1. Adanya Perubahan hormone

Seperti yang kita ketahui bahwa hormone ini bisa merangasng produksi air mata. Biasanya mengenai perubahan hormone tersebut sangat umum dialami oleh kaum wanita. Sehingga ini bisa meningkatkan resiko mereka terhadap mata kering. Contohnya yaitu selama dalam masa kehamilan, menopause, atau menggunakan pil KB.

2. Proses penuaan

Biasanya mata kering memang lebih sering dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Hal tersebut bisa jadi diakibatkan oleh produksi air mata yang semakin hari semakin menurun seiring bertambahnya usia. Sehingga kelopak mata menjadi kurang sensitif untuk bisa meratakan air mata yang ada di seluruh permukaan mata.

Ilustrasi
Ilustrasi

3. Kondisi medis

Beberapa penyakit tersebut juga dapat memiliki dampak pada kemampuan kelenjar mata untuk melakukan produksi air mata, contohnya yaitu diabetes, arthritis rematoid, lupus, scleroderma, sindrom Sjogren, kemudian ada gangguan tiroid, defisiensi vitamin A, Bell’s palsy, alergi, dermatitis kontak, HIV.

Dalam hal ini tentu saja banyak orang yang mengalami mata kering serta mempunyai blepharitis atau meibomian gland dysfunction (MGD). MGD ini merupakan peradangan batas kelopak mata yang dapat menghadang kelenjar air mata untuk memproduksi minyak pada lapisan air mata. Blepharitis tersebut dapat dialami oleh siapapun, dan pada umumnya hal tersebut diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri atau kondisi lain, contohnya seperti rosacea

4. Obat-obatan

Mata kering bisa jadi sebagai efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu, contohnya yaitu seperti antihistamin, antidepresan, obat-obatan hipertensi, obat jerawat minum, dekongestan, terapi pengganti hormon, kontrasepsi oral, obat-obatan Parkinson, beta blocker, dan diuretik.

5. Lingkungan dan aktivitas

Memang factor lingkungan tersebut bukanlah sebagai penyebab yang utama, akan tetapi factor yang satu inilah yang dapat membuat mata kering semakin parah. Contohnya yaitu seperti debu, asap, angin, matahari, cuaca kering, tiupan angin panas, berada di tempat tinggi. Selain itu, pada saat Anda sedang membaca, bekerja dan berada di depan layar komputer, menulis, atau aktivitas yang memang membutuhkan konsentrasi visual lainnya, mata akan cenderung lebih jarang berkedip. Artinya, dalam hal ini untuk lapisan air mata juga akan lebih cepat menguap di bandingkan dengan proses isi ulangnya.

  1. Kosmetik

Untuk beberapa orang yang sudah pernah menjalani operasi mata LASIK dalam hal ini melaporkan dia mengalami mata kering beberapa minggu sesudah operasi dilakukan. Gejala tersebut biasanya juga akan hilang dengan sendirinya sesudah beberapa bulan, namun pada beberapa kasus juga bisa berjalan terus.

6. Masalah pada struktur kelopak mata

Ektropi biasanya disebut dengan (pembalikan kelopak mata bagian dalam ke luar) dan entropi (kelopak mata luar yang masuk ke dalam) juga dapat menyebabkan mata menjadi kering dan ini biasanya juga akan teriritasi akibat adanya lapisan air mata yang menguap dengan sangat cepat setelah terkena kontak dengan udara luar secara terus menerus.

Untuk Anda yang ingin mengatasi mata kering Anda tersebut pastikan menggunakan Insto dry eyes dan katakana bye mata kering, karena mata kering akan segera sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *