,

Paman Birin Berharap Kalsel Jadi Bagian Dari Tol Laut Nasional

by -
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Pada Rakornas Pengendalian Inflasi

JAKARTA – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengharapkan pemerintah pusat agar kembali menetapkan Kalsel bagian dari tol laut nasional.

Harapan tersebut langsung disampaikan H Sahbirin Noor kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Rakornas Pengendalian Inflasi 2019, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Paman Birin sapaan akrabnya menjelaskan, pemikiran tersebut dilatari strategisnya Kalsel dalam alur transportasi laut nasional dan internasional.

“Ini mengingat posisi Kalsel adalah sebagai salah satu pusat distribusi beragam kebutuhan barang dan jasa di wilayah Kalimantan,” terangnya.

Paman Birin mengatakan, keuntungan sebuah daerah menjadi bagian dari tol laut nasional, antara lain bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara mikro maupun makro.

Keuntungan lain bisa menekan disparitas harga barang dan mengendalikan inflasi.

Dari sisi kebijakan nasional, jika dikaitkan dengan program pemerintah yang terus mendorong program tol laut, bukan hanya dari pelabuhan ke pelabuhan, lanjut Paman Birin, juga merupakan konektivitas antarpelabuhan.

Program tol laut bukan hanya dari pelabuhan ke pelabuhan, tapi bisa langsung sampai ke konsumen.

“Bagi masyarakat di daerah yang dilewati Tol Laut benar-benar merasakan harga yang terjangkau, ” papar Paman Birin.

Menanggapi harapan Gubernur Kalsel, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengingatkan kementerian terkait untuk menjadikannya sebagai atensi penting untuk ditindaklanjuti.

Wapres JK menyampaikan apresiasi atas harapan Paman Birin. Menurutnya, apa yang diharapkan merupakan bagian dari upaya bersama meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pertumbuhan ekonomi.

JK: Inflasi Indikator Maju Atau Tidak Suatu Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *