Sekda Prov Kalsel: Pentingnya Menjaga Ketahanan Budaya

by -62 views
Sekda Prov Kalsel, Drs H Abdul Haris,MSi Membuka rakor Kebudayaan

Banjarmasin – Sekretaris Daerah Prov Kalsel, Drs H Abdul Haris,MSi hadir dan membuka Rapat Koordinasi Kebudyaaan Kabupaten/Kota Se Kalsel Tahun 2019, Kamis (25/7/2019), di Hotel Rodhita Banjarmasin.

Abdul Haris mengatakan pentingnya menjaga ketahanan budaya di tengah era globalisasi dengan kemajuan teknologi informasi.

Kemajuan teknologi informasi tidak bisa dibendung, namun harus bisa dimanfaatkan untuk kemajuan bersama, serta bagimana dapat menjaga ketahanan budaya yang ada di daerah maupun budaya bangsa Indonesian.

“Kemjuan teknologi informasi tidak bisa kita bendung, namun bagaimana kita dapat mengikuti dan memanfaatkannya, serta kita dapat juga mempertahankan dan meningkatkan ketahanan budaya yang kita miliki” ujarnya.

Dicontohkan Sekdaprov Kalsel, di zaman sekarang, kita dapat dengan mudah mengakses dan menyebarluaskan informasi. Memudahkan berbagai aktifitas dengan sistem online dan digitalisasi. Hal ini bisa mengurangi interaksi secara langsung, saling bertegur sapa.

“Sekarang, kita di rumah bisa mengakses informasi, bisa berbelanja, bisa bertransaksi keuanga, dan lainnya. Tentnuya ada dampak terhadap perubahan budaya yang ada di daerah kita, ini harus terus terus kita jaga dengan tidak mengesampingkan kemajuan zaman” jelasnya.

Untuk itu, Sekda berharap para aparatur khususnya, dapat memahami nilai-nilai budaya bangsa, melek teknologi, mengikuti perkembangan teknologi dan isu-isu strategis.

Ditambahkan Sekdaprov, bahwa kita perlu untuk belajar budaya yang baik dari daerah atau negara lain, jangan hanya berkunjung, berfoto, dan pulang tanpa mengambil pelajaran.

“Misalnya kita berkunjung ke daerah atau ke luar negeri, jangan hanya berkunjung, berfoto, terus diupload diberbagai media sosial, dan pulang, tanpa belajar atau memperhatikan budaya setempat yang dapat memperbaiki kualitas kehidupan” tambahnya.

Selain itu, Sekdaprov juga mengajak untuk mempertahankan budaya yang tidak melanggar agama atau norma yang berlaku di negara.(rny/rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *