, ,

Dosen Fakultas Studi Islam Uniska Latih Santri Membuat Krupuk Patin

by -59 views
Dosen Fakultas Studi Islam Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (UNISKA) Banjarmasin mengadakan pelatihan pembuatan krupuk Ikan patin di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Sungai Salai Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin
Dosen Fakultas Studi Islam Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (UNISKA) Banjarmasin mengadakan pelatihan pembuatan krupuk Ikan patin di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Sungai Salai Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin

Tapin – Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian.

Dalam rangka memenuhi salah satu tri darma tersebut tim pengabdian kepada masyarakat dari Dosen Fakultas Studi Islam Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin (UNISKA) mengadakan pelatihan pembuatan krupuk Ikan patin, yang di mulai pada 26, 29 Juni dan 03 Juli 2019 di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Sungai Salai Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin.

Pondok Pesantren Nurul Hidayah ini memiliki usaha tabak Ikan Patin, namun mereka mengalami hambatan dalam pemasaran atau penjualan. Sehingga para dosen tergerak melakukan pelatihan pembuatan krupuk dari ikan patin, disamping itu usaha pengolahan ikan patin menjadi krupuk belum banyak dijumpai.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan penyampaian materi berkaitan dengan dunia berwirausaha yang bertujuan membuka pandangan para santri untuk berwirausaha, dilanjutkan dengan pelatihan pengolahan, pengemasan, hingga pemasaran krupuk ikan patin kepada para santri.

Dalam pelatihan ini, tim mengundang Bapak Iswahyudi sebagai fasilitator pembuatan kerupuk. Peserta pelatihan dibagi dalam dua kelompok. Para santri tampak terlihat antusias dan senang mengikuti pelatihan.

Ketua pelaksana kegiatan Barsihanor, M.Pd. I yang didampingi anggotanya H. Iman Setya Budi, MEI, mengatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kegiatan yang didanai oleh DRPM Dikti melalui proposal yang lolos dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat Dikti tahun 2019.

Lebih jauh beliau mengungkapkan, kalau kegiatan ini bertujuan membekali para santri untuk memiliki keterampilan dalam dunia wirausaha, yang nantinya diharapakan mampu memenuhi kehidupanya kelak setelah lulus dari Pondok Pesantren. (nashir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *