, , ,

Menteri LHK Letakkan Batu Pertama Pembangunan Plaza Jokowi di Tahura

by -215 views
Menteri LHK, Siti Nurbaya Menandatangani Prasasti Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Plaza Jokowi di Tahura Sultan Adam Mandiangin Kalsel

Mandiangin Kab Banjar – Pembangunan Plaza Jokowi di Tahura (Taman Hutan Rakyat) Sultan Adam Mandiangin, resmi dimulai.

Pembangunan Plaza Jokowi dimulai dengan pelatakan batu pertama oleh Menteri LHK Siti Nurbaya, Selasa, (30/7/2019).

Dikatakan Menteri LHK Siti Nurbaya, dengan pengelolaan yang baik, yang didukung keindahan alam, serta kawasan yang juga menjadi salah satu titik geosite di Kalsel ini, maka akan menjadi obyek wisata menarik.

“Plaza Jokowi ini nantinya bisa dijadikan tempat berbagai kegiatan seperti festival musik jazz, kegiatan berkaitan dengan pendidikan dan banyak lagi,” ujarnya.

Baca Juga: Ada Plaza Jokowi Di Tahura Sultan Adam

Sementara Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, mengatakan Plaza Jokowi dibangun sebagai apresiasi kepada presiden yang mendukung upaya pembangunan bidang kehutanan serta pemulihan kerusakan lingkungan.

“Ini bentuk apresiasi kita pada presiden disamping penambahan fasilitas wisata alam di kawasan Tahura Sultan Adam,” tuturnya.

Baca Juga: Forest City Syarat Ibu Kota Negara, Kalsel Miliki Embrio Hutan Kota

Ditambahkan Hanif, saat ini pihak pengelola UPT Tahura Sultan Adam terus membangun beragam fasilitas untuk menunjang kepariwisataan dan konservasi, seperti pembangunan kembali benteng peninggalan Belanda menjadi villa maupun fasilitas lainnya.

Plaza Jokowi di Tahura Sultan Adam bukan seperti plaza pada umumnya. Plaza Jokowi merupakan sebuah tempat di Tahura Sultan Adam yang dulu Presiden Jokowi pernah menanam pohon bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Pohon yang ditanam Presiden Jokowi adalah pohon Gaharu (gyrinops versteegii), bibit pohon Nangka oleh Iriana Joko Widodo dan bibit pohon durian dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

Di kawasan tersebut nampak subur bibit pohon yang ditanam, kemudian kawasan tersebut akan diperluas dan ditata, kemudian akan dibangun ruang terbuka dan taman yang diberi nama Plaza Jokowi.

Ketiga pohon yang ditanam Presiden Jokowi, Ibu Iriana dan Menteri LHK akan berada di tengah Plaza Jokowi.(rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *