,

Revolusi Hijau Paman Birin Terus Berlanjut Atasi Lahan Kritis

by -79 views
Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel yang Hijau dan Asri

Banjarbaru – Program Revolusi Hijau yang dicanangkan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor terus berlanjut. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengatasi lahan kritis di bumi Lambung Mangkurat.

Hal tersebut dikatakan Gubernur yang akarab disapa Paman Birin, pada saat kegiatan serah terima Tanaman Hutan Kota dari Kementerian LHK kepada Pemprov Kalsel di Miniatur Hutan Hujan Tropis (MH2T) di kawasan perkantoran Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Selasa (30/7/2019) lalu.

Di tahun 2019 ini, dikatakan Paman Birin, Pemprov Kalsel telah membangun persemaian di 9 Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). Di tahun 2020 dilanjutkan dengan pembangunan persemaian modern dengan luas areal 15 ha.

Pembangunan persemaian modern terpadu, juga dibangun PT Hutan Rindang Banua seluas 40 hektare. Pembangunan persemaian ini diharapkan akan memenuhi kebutuhan bibit untuk target penanaman seluas 32.000 hektare per tahun.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor / foto; infuz

Sementara menurut Kepala Dinas Kehutanan Prov Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, selama 2019 melalui satuan kerja balai pengeloaan DAS HL Barito, ditarget pembuatan tanaman RHL dalam rangka pemulihan DAS seluas 8.300 Ha sebagai bagian dari target nasional seluas 206.000 Ha.

Pembuatan tanaman RHL ini dilaksanakan di 5 kelompok pengelolaan hutan di wilayah Kalsel, KPH Tanah Laut, Pulau Sebuku, Balangan, Hulu Sungai dan Kayutangi.

“Kami optimis dapat menanam dilahan seluas 32 ribu Ha pada 2019-2020. Jika konsisten, maka 20 tahun mendatang lahan kritis di Kalsel bisa teratasi,” ujar Hanif.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kalsel mengukuhkan Tim Pengendali dan Pembina Rehabilitasi Hutan dan Lahan lingkup balai daerah aliran sungai dan hutan lindung.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti serah terima tanaman hutan kota dari KLHK kepada Pemprov Kalsel, penandatanganan kerjasama pembangunan persemaian semi permanen dari dana CSR antara Dinas Kehutanan dan IPPKH, penyerahan tanaman rehab DAS PT TIA dari Dishut ke KTH Alimpung.(dev/rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *