,

Tarik Minat Wisatawan ke Kalsel, Perbanyak Event Berskala Nasional

by -83 views
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Bersama Menteri Pariwisata, Arif Yahya Menyaksikan Atraksi Hadra di Hari Jadi Provinsi Kalsel / foto: humas kalsel

Banjarmasin, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta pemerintah provinsi Kalimantan Selatan memperbanyak gelaran event pariwisata berskala nasional sehingga dapat menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk berkunjung.

Hal tersebut disampaikan Menpar saat hadir di acara peringatan Hari Jadi ke-69 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (14/8/2019) di Banjarmasin.

Kalsel mempunyai kapasitas dalam menyelenggarakan event tingkat nasional. Terbukti sebanyak 34 festival terlaksana dengan baik di Kalimantan Selatan selama tahun 2018, dengan dua festival unggulan yang masuk dalam Calendar of Event (CoE) Kemenpar yaitu Festival Budaya Wisata Pasar Terapung dan Festival Wisata Loksado.

“Kalsel memiliki potensi pariwisata yang luar biasa untuk dikembangkan. Budayanya kuat, alamnya sudah tidak diragukan,” kata Arief Yahya dalam acara yang digelar di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan.

Dalam pelaksanaan event, Menpar mengingatkan untuk selalu memperhatikan sejumlah unsur yang ia sebut dengan rumus 3C. Yakni Creative Value, Commercial Value dan CEO Commitment.

Baca: Sambut Visit Kalsel Years 2020, Kalsel Diminta Tetapkan Ikon Destinasi Wisata Unggulan

Baca: Kementerian Pariwisata Dukung Pegunungan Meratus Kalsel Jadi Bagian Geopark Internasional UNESCO

Creative Value berkaitan dengan pemilihan koreografer, desain baju, atau musik yang harus terkurasi dengan baik minimal dengan standardisasi nasional. Dengan begitu maka akan dengan mudah mendapatkan Commercial Value.

“Untuk CEO Commitment, saya tidak ragu dengan komitmen para pemimpin Kalsel dalam mengembangkan pariwisata,” kata Menpar.

Potensi Wisata Kalsel Harus Dipromosikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *