, ,

Pemprov Kalsel Tetapkan Status Darurat Karhutla

by -
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Turun Langsung Memadamkan Karhutla di Guntung Damar Kalsel / foto: humas kalsel

Bingkaibanua.com, Banjarmasin – Masih maraknya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di berbagai wilayah di Kalsel yang berakibat terjadinya kabut asap beberapa minggu terakhir, membuat Pemprov Kalsel menetapkan status darurat Karhutla.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor melalui media sosial Istagram resmi miliknya (@hsn_bergerak) yang diposting pada Kamis, 26 September 2019.

“Sejak kemarin Pemprov Kalsel telah menetapkan status darurat karhutla hingga 6 Oktober. Semua daya dan upaya termasuk penambahan anggaran telah dilakukan,” tulisnya.

Dengan ditetapkan status darurat karhutla ini, Pemprov Kalsel juga melibatkan sebanyak 60 BPK swasta untuk membantu pemadaman Karhutla.

Kemudian, mobil ambulans dan posko oksigen untuk membantu warga yang terdampak asap juga sudah disiapkan. “Ikhtiar sudah dilakukan maksimal, doa sudah dipanjatkan seluruh warga, sekarang kita berserah dan terus berusaha dan berharap semoga cobaan alam ini segera terlewati,” pungkasnya.

Baca Juga: Berjibaku Atasi Karhutla Di Banua, Padamkan Kebakaran Lahan Hingga Jam 10 Malam

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat, termasuk mahasiswa untuk bersama-sama, bahu membahu mengatasi Karhutla di Banua.

“Kepada seluruh komponen masyarakat, dan juga adik-adik mahasiswa, ayo kita bergerak bersama bahu membahu mengatasi karhutla. Ini cobaan untuk kita semua, bukan untuk pemerintah semata. Karena itu, kepedulian dan dukungan semua komponen masyarakat sangat diharapkan,” harapnya.

Diakhir postingannya, Paman Birin memanjatkan do’a agar senantiasa diberikan pertolongan dalam mengatasi karhutla dan diberikan kekuatan menghadapi musim kemarau yang panjangan.

“Ya Allah Ya Mujiburrahman, kepada Mu kami berserah dan berpasrah atas ikhtiar yang kami lakukan untuk mengatasi karhutla. Berilah pertolongan kepada kami, kuatkan kami menghadapi musim kemarau ini, Aamiin Ya Rabbal Alamiin,” do’anya.(rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *