,

Tahapan Membeli Saham Online

by -5 views


Era digitalisasi pada saat ini membuat kemudahan untuk kita melakukan setiap aktivitas mulai dari melakukan transaksi perbankan, memperoleh jasa informasi, kemudahan pembayaran, hingga kemudahan untuk melakukan investasi saham. Saat ini berinvestasi tidak membutuhkan dana yang besar namun dapat menggunakan sisa uang gaji kita setiap bulan untuk berinvestasi. Hanya dengan smartphone Anda dapat membuka rekening sekuritas di perusahaan sekuritas lho. Berikut langkah langkah dalam membeli saham online.

Beberapa Tahapan dalam Membeli Saham Online

1. Menyiapkan modal investasi
Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk berinvestasi saham yaitu menyiapkan modal untuk investasi. Besaran modal ini berbeda beda dan tergantung kepada perusahaan sekuritas. Kisaran besaranya mulai dari 200 ribu hingga milyaran rupiah. Pilihlah nominal investasi sesuai degan kemampuan Anda. Biasanya setiap perusahaan sekuritas memiliki modal dasar untuk membuka rekening investasi. Sebagai contoh Mandiri Sekuritas membuat regulasi pembukaan rekening saham harus memiliki deposit minimal tiga juta rupiah. Syarat-syarat yang diperlukan juga tergolong mudah seperti, KTP, NPWP, Buku tabungan, dan foto diri.

2. Pilihlah Perusahaan Sekuritas yang kompeten
Untuk melakukan investasi saham online Anda harus memiliki perantara yang menghubungkan antara Anda dengan bursa efek, yang dikenal dengan istilah broker. Anda harus memilih broker yang kompeten untuk kepastian investasi Anda. salah satu broker yang memiliki kapasitas dan kapabilitas baik yaitu Mandiri Sekuritas. Perusahaan ini tercatat di OJK dan sudah berpengalaman sejak 1992. Perusahaan ini merupakan salah satu investment bank yang cukup terkemuka dan salah satu broker terbaik di indonesia.

3. Pilih Aliran Investasi
Mungkin Anda pernah mendengar investasi saham itu sangat sulit karena kita harus memantau setiap fluktuasi harga yang terjadi pada lantai bursa efek. Nah itulah ciri-ciri dari aliran growth investing. Sebenarnya terdapat dua aliran yang dapat Anda pilih dalam berinvestasi saham online yaitu growth investing dan value investing. Growth investing mengharuskan Anda untuk memantau harga saham yang terus bergerak di bursa. hal ini karena growth investing didasarkan kepada analisis teknikal yang dapat dianalisa dengan grafik harga saham. Grafik harga saham yang terus berubah itu yang membuat kita harus memantau harga melalui komputer.

Namun untuk value investing pembelian saham berdasarkan laporan keuangan perusahaan sehingga tidak mengharuskan kita memantau pasar bursa selama 24 jam. Aliran ini dikenal sebagai aliran fundamental dimana biasanya akan berubah setiap 3 bulan sekali bergantung dengan kehendak dari investor.

4. Lakukan Bid dan Offer
Sebelum melakukan bid dan offer Anda sebaiknya melakukan analisis terlebih dahulu mengenai jenis saham yang Anda beli. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kerugian yang terjadi akibat penurunan nilai saham. Istilah bid menunjukan penawaran untuk membeli sedangkan offer yaitu penjualan. Istilah lainnya dalam jual beli saham online, yaitu match dan reject. Match menunjukan bahwa saham yang Anda beli telah berhasil masuk kedalam portofolio rekening saham Anda. sedangkan untuk istilah reject menunjukkan bahwa transaksi saham Anda ditolak. Penolakan terjadi umumnya karena transaksi dilakukan di luar batas waktu atau harga saham sudah melebihi batas atas.

Itulah beberapa tahapan dalam membeli saham online yang dapat menjadi panduan Anda untuk melakukan aktivitas transaksi investasi saham. Hati hati dalam berinvestasi sangat penting, pilihlah jenis investasi yang Anda pahami dan bermitralah dengan perusahaan yang ahli dalam hal investasi seperti Mandiri Sekuritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *