,

Paman Birin Ungkap Pentingnya Bela Negara

by -
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor

bingkaibanua.com, Banjarbaru – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengungkapkan pentingnya Bela Negara bagi masyarakat Indonesia, terlebih bagi generasi muda.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel pada Upacara Penutupan Pendidikan dan Latihan Dasar Bela Negara Resimen Mahasiswa Suryanata Prov Kalsel Tahun 2019, Selasa (1/10/2019) di Lapangan Rindam VI/Mulawarman.

“Kepada seluruh Resimen Mahasiswa, saya ucapkan selamat dan sukses atas selesainya pelatihan dasar bela negara ini. Insya Allah, dengan pelatihan bela negara ini, kesadaran kita akan semakin teguh, bahwa bela negara bukan hanya tanggung jawab TNI dan Polri, tetapi tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia dimanapun berada,” ungkapnya.

Pentingnya bela Negara ini sebut Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, tidak lepas dari kondisi bangsa Indonesia. Dimana bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, yang terdiri dari ribuan pulau, beragam suku dan bahasa, serta kondisi geografis yang sangat luas.

Disisi lain, Indonesia juga berbatasan dengan banyak negara, baik di wilayah daratan maupun di lautan. Seperti di pulau Kalimantan, wilayah Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia dan Brunei Darussalam.

Di pulau Sumatera, Indonesia berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Indonesia juga menjadi jalur perlintasan pelayaran dunia, terutama di Selat Malaka.

“Kondisi ini tentu saja memerlukan pertahan negara yang kuat. Secara militer, bangsa kita harus kuat. Secara ekonomi, sosial, budaya dan politik, bangsa kita juga harus terus membangun kekuatan yang sebesar-besarnya,” ungkapnya.

Ditambahan Paman Birin, dengan kondisi yang dimiliki bangsa Indonesia, jika lengah sedikit saja, bisa jadi bangsa Indonesia dijajah secara ekonomi, dijajah secara sosial dan budaya, dijajah dengan narkoba, dijajah dengan faham radikal dan terorisme, dan bahkan ancaman dis integrasi bisa saja terjadi.

“Karena itu, semua anak bangsa tanpa kecuali, mesti memiliki kesadaran bela negara, demi mempertahankan kedaulatan dan mempertahankan NKRI hingga akhir dunia,” tambahnya.

Melalui pelatihan bela negara yang akan berakhir ini, Paman Birin berharap akan lahir dan semakin tumbuh rasa cinta kepada tanah air Indonesia.

“Apa yang kita lakukan, apa yang kita korbankan, menjadi upaya kita dalam bela negara. Mari kita bangun satu kesatuan pertahanan negara yang sekuat-kuatnya, demi tetap tegaknya NKRI,” harapnya.(rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *