Trik Membedakan Klinik Gigi Legal dan Abal-abal Menurut SehatQ.com

by -

Memperhatikan kesehatan harus menjadi prioritas dalam hidup. Sebab, kalau tidak sehat anda akan kehilangan banyak waktu, banyak kegiatan, banyak momen dan sangat rugi pastinya. Maka, menjaga kesehatan itu sangat penting termasuk kesehatan gigi dan mulut. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, anda harus rutin periksa ke dokter gigi atau klinik gigi.

Dengan periksa secara rutin, anda akan tahu gigi atau mulut anda bermasalah atau tidak. Jika ada masalah, anda pun bisa langsung mendapatkan pertolongan dan proses penyembuhanpun cepat. Namun, sebelum memilih dokter atau klinik gigi, bisa cek dulu apakah legal atau tidak. Nah, berikut ini adalah cara membedakan klinik gigi legal dengan abal-abal menurut SehatQ.com !

Pastikan dokter-dokter gigi sudah berizin
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah perhatikan izin operasional dokter gigi. Selengkap dan secanggih apapun peralatannya, tidak menjadi jaminan bahwa klinik tersebut berizin dan memberikan layanan terbaik. Perlu anda ketahui Izin dokter gigi ada 2 yakni SIP (Surat Izin Praktik) dan STR (Surat Tanda Regristrasi). Kedua perizinan ini diatur dalam UUPK No.29 2004 tentang Parktik Kedokteran.

Agar lebih cepat dan mudah mengetahui izin praktik ini legal atau benar-benar resmi, anda bisa mengeceknya secara online di portal Konsil Kedokteran Indonesia. Cek dan maka anda mengetahui izin tersebut resmi atau tidak.

Cek pula izin operasional klinik gigi
Selanjutnya, anda juga harus cek izin operasional klinik gigi. Biasanya izin ini terpampang di bagian depan klinik atau meja resepsionis. Jika tidak ada pernyataan izinnya, anda bisa bertanya langsung pada resepsionis. Tak perlu ragu maupun takut karena ini demi kebaikan anda sendiri dan ini sudah diatur dalam perundangan.

Cara pengelolaan limbah
Berikutnya, anda pun perlu memastikan bagaimana klinik gigi dalam mengelola limbah atau kotoran yang didapatkan dari praktiknya. Misalnya limbah gigi, limbah kapas bekas perawatan gigi dan mulut serta limbah lainnya. Karena kebersihan dan kesehatan saling berhubung yang tidak bisa dipisahkan. Maka, jika klinik tersebut bersih, maka kesehatannya bisa terjamin.

Pastikan klinik gigi yang anda kunjungi tidak sembarangan dalam membuang limbah gigi. Jika klinik tersebut sudah melakukan pembuangan limbah sembarangan, pikir ulang untuk memeriksakan gigi dan mulut anda disana.

Pertimbangkan soal harga
Jangan asal berpikir harga murah saja, tapi berpikirlah tentang harga yang pantas. Pertimbangkan jika klinik gigi mematok harga lebih murah atau lebih mahal daripada klinik lainnya. Harga perawatan atau layanan kesehatan gigi harus setimpal dengan yang diberikan, jika ada yang mematok murah maka waspadalah.

Memungkinkan, harga murah tidak menggunakan produk-produk berkualitas yang efeknya bisa memperburuk kesehatan. Begitu pula yang harganya mahal, bukan berarti pula layanannya bagus. Bandingkanlah antara beberapa klinik gigi, lalu pilih yang terbaik dengan mematok harga sesuai pasaran.

Perhatikan reputasi dokter atau klinik gigi di sehatQ.com
Satu hal lagi yang tidak boleh anda lupakan yakni memperhatikan reputasi dokter maupun klinik gigi di SehatQ.com. Setiap post tentang klinik gigi, SehatQ sudah menyediakan rating dan review tentang klinik tersebut. Perhatikanlah hal tersebut saat anda memilihnya. Jika sedikit bintangnya atau banyak yang komentar buruk, lebih baik pikir kembali untuk datang ke klinik itu dan sebaliknya.

Tapi, klinik gigi yang ada di sehatQ.com kebanyakan berizin resmi dan mempunyai reputasi baik di mata para customer. Manfaat SehatQ.com untuk kesehatan gigi dan mulut anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *