Masuk Jurusan Multimedia Memang Banyak Keuntungannya, Apa Saja?

by -4 views
Sumber gambar: pixabay

Multimedia merupakan bidang keilmuan yang keahliannya banyak dibutuhkan, tidak heran karenanya jurusan ini masuk kategori favorit di universitas. Bagi yang memilih kuliah blended learning jurusan ini, ada banyak prospek menarik telah menanti di masa depan. Selain menarik, berbagai prospek tersebut umumnya menawarkan honor yang besar seperti animator, desainer, fotografer, ilustrator, komikus, periklanan, dan berbagai profesi di industri kreatif lainnya.

Selain memiliki keunggulan dalam bidang prospek kerja, masuk jurusan ini juga memiliki keunggulan lainnya seperti:

Menjadi ahli bidang multimedia
Memilih jurusan multimedia akan membuat seseorang ahli dalam bidang multimedia, syaratnya ia bisa menekuni bidang tersebut dengan serius. Jurusan multimedia masuk kategori jurusan sulit ditaklukan, bagi orang-orang yang tidak serius menjalaninya.

Memiliki keahlian dalam bidang multimedia sangat menguntungkan, pasalnya berbagai prospek pekerjaan saat ini sangat berhubungan dengan bidang satu ini. Terlebih di era digital, berbagai kegiatan promosi maupun penyebaran informasi juga membutuhkan jasa keahlian multimedia.

Bisa membuat karya profesional
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, mahasiswa jurusan multimedia dituntut untuk menghasilkan sebuah karya. Mahasiswa jurusan ini akan banyak menciptakan karya, karenanya umumnya anak jurusan multimedia harus memiliki kreativitas yang tinggi. Karya yang diciptakan tentu harus memiliki kegunaan, khususnya untuk diri sendiri maupun umum. Jika kamu mau memperhatikan, sebenarnya ada banyak karya yang dihasilkan mahasiswa jurusan multimedia yang tersebar di media internet.

Lebih peka terhadap permasalahan
Meski tidak semua mahasiswa kuliah online jurusan multimedia mendapatkan keuntungan satu ini, namun ahli multimedia akan lebih peka terhadap permasalahan sekitar. Permasalahan yang dimaksud bisa perihal politik, ekonomi, buku lingkungan. Seorang ahli multimedia akan membuat karya perihal permasalahan tersebut, sebuah karya yang berisikan keluh kesah mengenai permasalahan yang dihadapi.

Mampu dalam mengoperasikan sebuah software komputer
Di jurusan multimedia, Mahasiswa juga kan banyak mempelajari tentang software. Hal ini tidak aneh, pasalnya jurusan ini memang masuk kategori jurusan produktif sehingga masih sah nya akan banyak dia jadi tentang software.

Ada banyak aplikasi atau software yang digunakan, mulai dari software untuk editing, desain, atau lainnya yang berhubungan. Setelah mempelajari berbagai software tersebut, mahasiswa nantinya akan dituntut untuk menghasilkan suatu karya. Meski terlihat mengasyikkan, namun mempelajari software membutuhkan keahlian tersendiri.

Profesi content creator sudah di tangan
Mahasiswa blended learning di jurusan multimedia juga bisa menjadi seorang content creator. Pengetahuan di bidang multimedia akan sangat berguna menjadikan kamu sebagai content creator, salah satu profesi yang pekerjaannya membuat suatu content (entah dalam bentuk gambar, video, suara, tulisan, maupun gabungan dari keseluruhannya). Ada banyak jenis profesi yang berhubungan dengan content creator, seperti menjadi seorang blogger atau youtuber.

Mampu membuat desain profesional
Seorang ahli multimedia memiliki keunggulan dalam hal pembuatan desain profesional, karena pada dasarnya hal tersebut sudah di ajarkan dibangku perkuliahan. Di jurusan multimedia, Mahasiswa juga akan mempelajari cara membuat poster atau media lainnya yang menarik konsumen. Bukan hanya mempelajari cara membuat desain yang indah, namun juga mempelajari agar desain yang dibuat dapat menarik perhatian orang lain.

Bisa memahami ilmu komputer lebih dalam
Mahasiswa kuliah online jurusan multimedia pasti memahami ilmu komputer dengan baik. Pasalnya jurusan ini 80% banyak berinteraksi dengan komputer, tidak heran jika mahasiswa jurusan ini memiliki keahlian lebih dalam hal komputer.

Mahasiswa jurusan multimedia akan mempelajari berbagai sistem kerja komputer, umumnya yang jarang ditemui dalam kegiatan sehari-hari. Khususnya untuk pemahaman mengenai teknologi informasi dan komunikasi.

Banyak pilihan profesi dengan gaji besar
Memiliki keahlian dibidang multimedia dia akan sangat menguntungkan, terutama ketika ingin menghasilkan uang tambahan. Saat ini ada banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan keahlian bidang ini, salah satunya sebagai alat untuk promosi. Karena juga berhubungan dengan desain, ahli multimedia bisa melakukan pekerjaan dalam bidang kreatif salah satunya desain.

Umumnya berbagai lowongan untuk industri kreatif menawarkan gaji yang cukup besar, karena membutuhkan ide kreativitas yang tinggi.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika masuk jurusan multimedia. Selain prospeknya yang saat ini semakin luas, namun jurusan ini memiliki keunggulan lainnya termasuk dari segi skill. Saat ini belajar multimedia jadi semakin mudah, pasalnya sudah banyak tempat yang menyediakan kuliah atau kursus blended learning di bidang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *