Tips dan Cara Mengganti Oli Mesin Motor yang Benar

by -2 views

Oli mesin motor perlu diganti dengan baik dan benar, agar bisa memberikan manfaat yang maksimal. Jika terdapat kesalahan dalam menggantinya, bisa saja mempengaruhi kerja mesin yang jika diabaikan dalam waktu lama berpotensi menyebabkan kerusakan. Motor akan menjadi lebih awet, tahan lama, jarang mengalami gangguan, dan bisa bekerja secara prima ketika dikendarai jika oli motor yang digunakan tepat dan cara menggantinya pun benar. Berikut beberapa tips mengganti oli pada mesin motor yang tepat.

6 Tips dan Cara Ganti Oli Mesin Motor Secara Benar

  1. Lakukan saat mesin motor sedang dingin

Mengganti oli mesin sebaiknya dilakukan ketika kendaraan dalam kondisi tidak digunakan atau saat mesinnya dingin. Hal ini bertujuan agar kulit Anda terhindar dari potensi kulit melepuh yang bisa saja terjadi secara tidak sengaja. Selain itu juga menghindari pemuaian pada drat ulir yang bisa membuatnya cepat rusak saat dibuka dalam keadaan panas.

  • Letakkan wadah yang berfungsi sebagai penampung pada bagian bawah motor.

Wadah yang berfungsi sebagai penampung pada bagian bawah motor bisa meliputi jirigen bensin bekas yang telah dipotong, kaleng biskuit bekas, dan sebagainya. Yang harus diperhatikan ketika menaruh wadah penampung adalah harus tepat diletakkan pada tempat keluarnya oli pada motor.

  • Kendurkan baut oli pada mesin motor

Mengendurkan baut pada oli mesin bisa dilakukan dengan menggunakan obeng. Caranya adalah putar obeng yang ukurannya pas dengan baut, kemudian putar searah dengan jarum jam. Jika baut oli telah terbuka bersamaan penutup mesin, oli akan keluar dengan sendirinya. Tunggulah hingga oli tersebut keluar semua, dan jika selesai tutup kembali bautnya sehingga udara tidak masuk. Jika ada udara yang masuk pada mesin bisa menyebabkan oli cepat kering.

  • Bersihkan oli yang lama pada mesin motor

Oli lama yang terdapat pada mesin motor perlu dibersihkan. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan tang yang berguna sebagai pembuku bagian penutup atas mesin. Setelah itu bersihkanlah oli lama yang masih tersisa di dalamnya. Hal ini bertujuan agar oli pada mesin terganti secara maksimal sehingga tidak bercampur antara oli lama dengan oli baru.

  • Kencangkan baut pada bagian bawah motor

Apabila oli mesin yang lama telah dibersihkan, selanjutnya Anda perlu mengencangkan baut pada bagian bawah mesin motor. Anda perlu memastikan agar terpasang secara kencang dan sempurna. Jika tidak, kemungkinan yang terjadi adalah oli baru akan terus keluar alias mesin motor Anda mengalami kebocoran. Tentu hal ini tidak boleh terjadi, karena menyebabkan mesin motor bekerja tidak maksimal yang berarti menghambat kinerja kendaraan.

  • Masukan oli baru pada mesin motor

Langkah terakhir yang harus dilakukan saat mengganti oli pada mesin motor adalah memasukkan oli baru. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti corong agar lebih mudah dan oli tidak tumpah kemana-mana. Jika oli sudah berhasil dimasukkan semua ke dalam mesin motor, selanjutnya tutuplah secara sempurna penutup mesin. Pastikan Anda menutupnya dengan rapat. Oli pada mesin motor pun telah diganti dan motor bisa dikendarai sebagai mestinya.

Itulah 6 tips dan cara ganti oli mesin pada motor secara benar dan tepat. Oli merupakan salah satu komponen penunjang kinerja mesin motor agar tetap prima. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan oli dengan kualitas unggul seperti mobil.co.id yang mampu melindungi mesin secara optimal. Selain itu, terdapat berbagai jenis produk yang bisa dipilih menyesuaikan kondisi kendaraan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *