,

Wujudkan Swasembada Daging Sapi, Kalsel Naikkan Target Upsus Siwab 100 %

by -0 views

Kab Tapin – Sebagai langkah mewujudkan Kalimantan Selatan menjadi daerah swasembada daging sapi, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Prov Kalsel, menaikan target UPSUS SIWAB sebesar 100 persen.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov Kalsel, Suparmi pada Gebyar Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB), di Desa Suato Lama, Kec Salam Babaris, Kabupaten Tapin, Sabtu (16/11/2019).

“Untuk merealisasikan swasembada daging sapi di Kalsel, Pemprov Kalsel akan menaikan target UPSUS SIWAB sebesar 100 persen, dari 25.000 ekor di tahun 2019 menjadi 50.000 ekor di tahun 2020, dengan target bunting 45.000 ekor dan target lahir 40.000 ekor,” ujarnya.

Dijelaskan Suparmi, dalam mewujudkan swasembada daging ini juga akan melibatkan dan mendorong seluruh sentra-sentra sapi di Kalsel, seperti Tanah Laut, Tanah Bumbu, Banjar, Tapin, dan Barito Kuala, agar bisa merealisasikan Kalsel sebagai daerah sentra sapi.

Ditambahkan Suparmi, untuk Kalsel saat ini masih belum surplus daging sapi, namun saat ini Kalsel surplus daging putih yakni ayam broiler.

Kebutuhan daging sapi di Kalsel saat ini terbilang cukup tinggi hingga harus mengimpor dari luar.

“Kebutuhan di Kalsel yang masih perlu disokong itu sekitar 3000 ekor per bulan, sisanya kita suplai dari dalam daerah, untuk itulah UPSUS SIWAB ini digalakan agar kebutuhan 3000 ekor itu bisa terpenuhi, dan juga diharapkan mampu mensuplai provinsi-provinsi lain,” tukasnya.

Kegiatan Gebyar Upsus Siwab 2019 ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Prov Kalsel, H Abdul Haris yang mewakili Gubernur Kalsel.

Turut hadir juga Bupati Tapin, Pereakilan dari Kementerian Pertanian, Forkopimda Kab Tapin, para peternak dan pelajar.(rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *