Jenis Vitamin Yang Baik Bagi Perkembangan Janin

by -1 views

Multivitamin Ibu hamil paling lengkap sangatpenting bagi perkembangan calon buah hati di dalam rahim ibu. Selain itu juga dapat mengurangi keluhan yang biasa dialami seperti mual dan lemas. Akan tetapi sebaiknya vitamin dikonsumsi dengan dosis tepat yang dianjurkan oleh dunia kesehatan atau dokter kandungan Anda.

Di antara 13 jenis vitamin, ada beberapa yang sangat penting Ibu konsumsi. Berikut ini jenis dan juga khasiatnya bagi Anda:

1. Vitamin A

Vitamin A dikenal masyarakat luas sebagai zat yang berperan penting dalam kesehatan mata. Ternyata tak hanya itu, vitamin ini juga berkhasiat mempertahankan sel-sel yang melapisi paru-paru janin. Juga bermanfaat sebagai antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta penghambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga janin akan terlindungi dari polutan dan zat lainnya selama berada di dalam rahim.

Akan tetapi mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan dapat berbahaya dan dapat mengakibatkan kecacatan pada bayi. Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin A hanya dari buah dan sayur, seperti wortel.

2. Vitamin B6 (Asam Folat)

Asam folat berperan penting dalam mencegah terjadinya cacat otak dan tulang belakang atau disebut Neural Tube Defects (NTDs). Selain itu juga berperan mencegah terjadinya cacat jantung, bibir sumbing,  dan lahir prematur. Asam folat bisa Anda dapatkan pada kacang almond, alpukat, buah bit, brokoli, asparagus, dan sayuran hijau lainnya.

Ibu hamil hanya membutuhkan konsumsi asam folat 400 hingga 800 miligram per hari, tidak boleh melebihi batas 1.000 mcg. Sebab akan mengganggu saraf otak bayi, dan mengakibatkan bayi terlahir autis.

3. Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi yang penting untuk menutrisi janin dan pembentukan plasenta. Vitamin C juga menjaga daya tahan tubuh ibu, meningkatkan elastisitas kulit, dan membentuk jaringan parut serta ligamen. Vitamin C turut bermanfaat dalam pembentukan kolagen, hal tersebut yang menjadi cara cepat menyembuhkan luka.

4. Vitamin E

Vitamin E dikenal baik bagi darah dan kulit, dengan berperan dalam menjaga nutrisi janin yang berpengaruh terhadap perkembangannya. Makanan yang mengandung vitamin E di antaranya minyak sawit, toge, sayuran hijau, brokoli, serta alpukat.

Ibu hamil hanya membutuhkan vitamin E sebanyak 15 miligram dalam sehari, dan batas akhirnya kurang dari 1000 miligram. Sebab apabila Ibu mengkonsumsi vitamin E berlebihan dapat mengakibatkan komplikasi pada jantung. Hal itu tentunya dapat sangat membahayakan calon buah hati Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *