, ,

Lokasi Kemah Bela Negara Tingkat Nasional 2020, Tawarkan Keindahan Alam Kalsel

by -346 views
Kiram Park foto: piko.biz

Banjarbaru – Provinsi Kalimantan Selatan kembali akan menggelar even berskala nasional. Kali ini, insan Pramuka se-Indonesia akan berkumpul dan berkemah di Kalsel. seiring dengan telah ditetapkannya Kalsel sebagai tuan rumah Kemah Bela Negara Tingkat Nasional Tahun 2020, yang akan berlangsung pada tanggal 22-27 Juni 2020.

Beberapa daerah di Kalsel dipersiapkan untuk menjadi lokasi perkemahan bela negara 2020 tingkat nasional.

Selian di Kiram Park yang menjadi maincamp, ada beberapa Subcamp seperti Kahung, Loksado, Tabanio, Matang Kaladan dan Lok Baintan juga akan menjadi tempat perhelatan kemah bela negara.

Lokasi yang dipilih merupakan beberapa destinasi wisata yang sedang ramai dan menjadi andalan bagi wisata Kalsel.

Seperti Kiram Park yang terus dikembangkan sebagai destinasi wisata yang memadukan keindahan alam, sungai, dan puncak pegunungan.

Kemudian subcam di kawasan Hutan Kahung juga tengah dikembangkan sebagai salah satu wisata andalan.

Objek wisata Loksado yang selama ini dikenal dengan bamboo rafting-nya juga dipilih menjadi salah satu kegiatan kemah bela negara tingkat nasional. Loksado juga menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Selain itu, Festival Loksado juga menjadi salah satu event yang masuk dalam 100 Calendar of Event, serta Desa Loksado juga telah ditetapkan sebagai desa wisata di Kalsel.

Kemudian objek wisata Matang Keladan yang terletak di Desa Tiwingan Lama juga menjadi subcamp kemah bela negara. Desa Matang Keladan menjadi salah satu Desa Wisata di Kalsel. Selain memiliki objek wisata yang sangat menarik, Desa Tiwingan Lama juga masuk dalam 10 besar lomba Desa Wisata Nusantara 2019, untuk kategori desa wisata berkembang, yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Daerah lainnya juga menjadi subcamp Kemah Bela Negara Tingkat Nasional 2020, yaitu pantai Tabanio dan Lok Baintan yang merupakan tempat pasar terapung yang ikonik dan menjadi ikon Kalsel.

Pihak Kwarda Gerakan Pramuka Prov Kalsel dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yang berlangsung di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta dari tanggal 19-21 Februari 2020, telah memaparkan kesiapan Kalsel sebagai tuan rumah Kemah Bela Negara Tingkat Nasional Tahun 2020.(rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *