, , , ,

Akhirnya Kalsel Miliki Laboratorium Pemeriksaan Virus Corona (Covid-19)

by -10154 Views
foto: ilustrasi, suara.com

bingkaibanua.com, Banjarbaru – Kabar gembira bagi masyarakat Kalsel di tengah maraknya penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia, termasuk di Kalsel.

Setelah beberapa waktu lalu, Kementerian Kesehatan RI, melalui surat Keputusan Menteri Kesehatan RI bernomor HK.01.07/Menkes/204/2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan Coronavirus Disease atau Covid-19, menetapka Kalsel sebagai salah satu tempat pemeriksaan sampel virus corona (Covid-19).

Sementara untuk lokasi laboratoriumnya berada di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru.

Kini, laboratorium tersebut sudah dapat digunakan. Artinya, Kalsel dapat menguji langsung spesimen pasien kasus Covid-19, tidak perlu lagi mengirim sampel ke Jakarta.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel, H Muhammad Muslim, pada keterangan pers, Minggu (5/4/2020).

“Saat ini lab BBTKLPP di Banjarbaru sudah bisa digunakan untuk tes PCR sehingga hasil pengujian spesimen pasien dapat cepat diketahui,” ujar Muslim.

Selain BBTKLPP Banjarbaru, laboratorium pemeriksaan Virus Corona atau Covid-19 untuk Provinsi Kalsel adalah di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya.(rr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.