Beberapa Ciri yang Mengindikasikan Laporan Keuangan yang Baik dan Benar

by -116 views

Laporan keuangan adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah perusahaan yang dapat disusun menggunakan aplikasi laporan keuangan. Dengan mengetahui laporan keuangan Anda dapat mengetahui apa yang terjadi pada sebuah perusahaan. Apakah kondisi keuangan dari perusahaan itu sedang laba atau sedang rugi. Juga dapat digunakan untuk memantau aktivitas kas dan ketersediaanya untuk operasional perusahaan.

Setelah Anda sudah mengetahui beberapa informasi seperti tips menulis serta manfaat dan jenis dari laporan keuangan ini yang begitu beraneka ragam. Anda juga harus mengetahui ciri dari laporan keuangan yang baik dan benar. Sebab dalam penulisan laporan akuntansi ukm tidak sebarangan, dikarenakan fungsinya yang sangat penting. Dalam penyusunan sebuah laporan keuangan harus memenuhi point-point ini jika ingin dikatakan sebagai laporan dari keuangan yang berkualitas:

• Mudah Dipahami
Dikatakan sebagai laporan keuangan yang baik jika dapat dengan mudah untuk dipahami oleh para pembacanya. Dalam penyajian laporan keuangan ini haruslah jelas dan mudah agar dimengerti dan bisa digunakan sebagai mana mestinya oleh pembaca. Biasanya perusahaan yang namanya sudah melambung tinggi, mempublikasikan laporan keuangannya menggunakan beberapa Bahasa.

Mereka seperti Bahasa Indonesia, Inggris dan Bahasa Asing lainnya yang tentunya dapat dimengerti oleh para investor Asing, dengan begitu mereka mau untuk bekerja sama dan berinvestasi pada perusahaan Anda. Meskipun begitu mata uang yang digunakan tetap menggunakan rupiah sesuai dengan mata uang yang berlaku di negara Indonesia.

• Handal
Selain mudah dipahami, dikatakan sebagai laporan yang baik jika laporan keuangan itu handal yakni jujur, netral serta dapat diversifikasi. Laporan keuangan yang dibuat tidak diperbolehkan untuk memihak dari pihak mana pun. Sehingga dalam penyajiannya haruslah dengan jujur dan sewajarnya. Handal dalam laporan ini juga dapat diterjemahkan memenuhi kelengkapan materi serta biaya.

• Dapat Dibandingkan
Untuk ciri selanjutnya yaitu, laporan keuangan yang baik juga dapat dibandingkan dengan laporan keuangan antar periode lainnya. Selain itu, laporan keuangan juga dapat digunakan sebagai evaluasi atau identifikasi kecenderungan dari trend dan kinerja suatu perusahaan. Setiap laporan keuangan pasti memiliki kesinambungan antara yang satu dengan yang lainnya. Sehingga isinya dapat dipertanggungjawabkan dan lebih transparan.

• Harus Relevan
Ciri terakhir yaitu sebuah laporan akuntansi ukm diharapkan juga memiliki relevansi. Sebab digunakan untuk mengambil sebuah keputusan juga. Adanya kebijakan baru yang dibuat diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan sebagai perbaikan dari aspek yang memiliki masalah di dalam perusahaan.

Jika Anda sudah mengetahui ciri-ciri dari sebuah laporan keuangan, tidak diragukan lagi untuk bisa membedakan mana laporan keuangan yang baik dan benar. Anda yang ingin menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan tidak akan kesulitan untuk mencari perusahaan mana yang berkualitas.

Apabila sudah bekerja sama dengan perusahaan, Anda harus membuat laporan keuangan agar bisa mengetahui keberlangsungan bisnis. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, disarankan untuk Anda agar menggunakan aplikasi aplikasi laporan keuangan Bukukas agar lebih mudah. Ini merupakan aplikasi terbaik untuk mengelola keuangan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *