, ,

Lawan Corona dengan Prinsip Menyembuhkan yang Sakit, Melindungi yang Sehat

by -524 views

Semakin banyaknya ditemukan kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 (virus corona) di Kalsel, membuat banyak orang terkejut, khususnya bagi masyarakat Kalsel itu sendiri.

Beberapa hari terakhir, terus terjadi peningkatan orang yang terpapar virus corona. Per hari Jum’at, 17 April 2020, telah ditemukan total 76 kasus positif virus corona.

Angka ini mengejutkan banyak pihak, bahkan kalau dibandingkan dengan provinsi lainnya di Kalimantan, Kalsel merupakan yang tertinggi.

Selain itu, hari ini juga telah ditemukan kasus pertama yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Tanah Laut sebanyak 3 kasus dan Kabupaten Kotabaru 1 kasus.

Ini artinya, dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel, 12 diantaranya sudah ada kasus yang terkonfirmasi positif virus corona. Hanya satu Kabupaten yang belum ada kasunya, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Di sisi lain, banyaknya temuan kasus positif Covid-19 ini, menunjukkan kinerja dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, mulai tingkat provinsi hingga ke kabupaten/kotadi Kalsel.

Bagaimana Gugus Tugas ini bekerja melakukan tracking contact terhadap pasien yang terlebih dahulu dinyatakan positif terpapar virus corona.

1.500 orang lebih sudah dites dengan rapid tes, dan cukup banyak yang menunjukkan hasil yang reaktif. Dari hasil ini kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab dengan metode PCR.

Screening dari pusat-pusat pintu masuk kedatangan ke Kalsel juga dilakukan oleh Gugus Tugas.

Apa kita perlu khawatir?

Khawatir boleh, namun jangan berlebihan, yang terpenting kita harus tetap waspada, dan melakukan apa yang telah dianjurkan pemerintah dalam menanggulangi Covid-19.

Seperti melakukan physical distancing, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, memakai masker, menghindari kerumunan, jaga jarak minimal 2 meter, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Sebagaimana diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov Kalsel, M Muslim, bahwa dengan banyaknya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang di rawat dan ditemukan oleh Tenaga kesehatan beserta Tim Gugus Tugas Covid-19 ini, tidak perlu membuat masyarakat menjadi khawatir, ini justru langkah baik yang cepat untuk menyembuhkan yang sakit dan melindungi yang sehat.

Kuncinya di sini, “Menyembuhkan yang sakit dan melindungi yang sehat”.

M Muslim juga menghimbau kepada masyarakat, apabila mengalami gejala atau merasa pernah kontak dengan pasien positif terpapar virus corona, agar segera melapor, tidak usah menutupi, karena kita semua ingin segera bisa jalan-jalan lagi dan berkumpul bersama keluarga kembali.

Semoga wabah ini segera berlalu. Lakukan yang terbaik yang dapat kita lakukan, meski hanya berdiam #dirumahaja itu sudah sangat membantu dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

Serta yang terpenting dalam “Menyembuhkan yang sakit dan melindungi yang sehat”, adalah kesadarn kita dalam menerapkan physical distancing, jangan mengannggap remeh adanya virus corona, serta kejujuran kita saat diperiksa tenaga kesehatan, khusuanya terkait kontak maupun adanya riwayat perjalanan dari daerah yang terpapar virus corona.

Roniansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *