, , , , ,

6 Arahan Presiden Tangani Covid-19

by -408 views

bingkaibanua.com Jakarta – Juru bicara penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan sejak WHO menetapkan pandemi Covid-19, Pemerintah merespons cepat dengan menerbitkan kebijakan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah dan gunakan masker. Yang kemudian diikuti penetapan pandemi Covid-19 sebagai Bencana Nasional Non Alam.

“Ini diartikan penanganan pandemi Covid-19 harus dilaksanakan secara terpimpin oleh pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 baik ditingkat pusat maupun daerah,” ujar Yuri.

Pasalnya, pandemi Covid-19 telah berdampak secara multidimensional. Karenanya dibutuhkan kolaborasi dari seluruh sektor untuk bersatu padu, bahu membahu, dan bergotong royong melakukan upaya-upaya pencegahan guna memutus rantai penularan dan penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Mesin TCM-TB untuk Covid-19 Sudah Bisa Digunakan

Untuk itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan #COVID19 dalam bekerja mengacu pada 6 arahan Presiden Joko Widodo.

Pertama, pengujian sampel harus dilaksanakan lebih masif serta diikuti isolasi yang ketat. Kemenkes, BUMN, TNI-Polri telah bersinergi untuk meningkatkan jumlah lab penguji sampel dan meningkatkan kapasitas pemeriksaan, sehingga target 10 ribu sampel/hari bisa dicapai.

Kedua, sarana dan prasarana konsultasi medis sudah dibuka secara luas dengan telemedicine. Layanan ini bisa digunakan sebagai sarana untuk menjaga kita tetap sehat, mendapatkan informasi yg benar dan mengurangi risiko untuk berkunjung ke RS.

Ketiga, pemerintah melaksanakan komunikasi yang efektif dengan penjelasan yang transparan kepada masyarakat baik terkait rencana kegiatan, pelaksanaan kegiatan, hasil kegiatan, data dll.

Keempat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *