, , , ,

Kini Laboratorium PCR Kalsel Bisa Periksa 400 Spesimen Perhari

by -11844 Views
Menko PMK, Menkes RI, dan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 RI ke Lab BBTKL-PP Banjarbaru / foto: adpimkalsel

bingkaibanua.com Banjarbaru – Dalam dua hari terakhir, sejak tanggal 9 Juni 2020 laboratorium PCR Kalsel mampu memeriksa 400 spesimen dalam satu hari.

Sebelumnya, laboratorium PCR atau Polymerase Chain Reaction Kalsel yang berada di BBTKL-PP Banjarbaru ini hanya mampu memeriksa spesimen sebanyak 200 sampel perharinya. Sehingga sempat terjadi penumpukan spesimen yang ada di laboratorium.

Setelah mendapat kunjungan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Republik Indonesia, yang dipimpin oleh Menko PMK Muhajir Effendi, Menkes Terawan Agus Putranto, dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Pemprov Kalsel mendapatkan bantuan tambahan alat pemeriksa PCR sebanyak dua buah.

Dengan tambahan 2 alat PCR ini, dapat meningkatkan pemeriksaan spesimen dengan metode PCR setiap harinya.

Dikatakan Kepala BBTKL-PP Slamet Mulsiswanto, kemampuan pemeriksaan yang dilakukan laboratorium telah ditingkatkan menjadi 400 spesimen setiap harinya,” kata Slamet.

Dengan adanya penambahan kemapuan pemeriksanaan PCR di Kalsel, sontak lonjakan kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalsel tidak bisa terelakan. Sebagaimana laporan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov Kalsel, pada tanggal 9 ditemukan 91 kasus positif terpapar virus corona atau Covid-19 di Kalsel, sehari berikutnya, dilaporkan 127 kasus yang terkonfirmasi positif, sehingga secara keseluruhan kasus positif Covid-19 di Kalsel berjumlah 1.565.

Dengan kemampuan laboratorium PCR Kalsel terbaru yang mampu memeriksa 400 spesimen perhari juga dapat mempercepat hasil pemeriksaan spesimen yang sempat menumpuk hingga 2.000 spesimen.

Laboratorium PCR Kalsel di BBTKL-PP Banjarbaru, selain memeriksa spesimen dari berbagai daerah di Kalsel, juga harus memeriksa spesimen yang dikirim dari Provinsi Kalimantan Tengah.(ws)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.