, , , ,

Tanah Bumbu Bakalan Miliki Lab PCR

by -283 views
foto: ilustrasi, suara.com

bingkaibanua.com Batulicin – Dalam waktu dekat, Pemkab Tanah Bumbu akan mengoperasionalkan laboratorium PCR untuk menguji spesimen yang diduga terpapar Covid-19.

Keberadaan Lab PCR di Tanah Bumbu yang berlokasi di Loka Litbang H5N1di Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, akan sangat membantu dalam penanganan Covid-19 di Kalsel dan Kab Tanah Bumbu dan Kab Tetangga khususnya.

Hal tersebut sebagainana dikatakan Sekretaris Daerah Kab Tanah Bumbu, H. Rooswandi Salem pada saat menerima kunjungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov Kalsel, Minggu (14/6/2020) di Gedung Utama Kawasan Pembangunan Terpadu (Kapet).

“Dalam beberapa minggu kedepan Kabupaten Tanbu akan mengoperasionalkan laboratorium yang dapat menguji spesimen terhadap pasien atau orang yang diduga terpapar Covid-19,” ujarnya.

Adanya lab PCR di Tanah Bumbu sebut Roeswandi, hasil kerjasama dengan Loka Litbang H5N1 yang keberadaannya di Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin.

Ditambahkan Roeswandi, keberadaan Lab PCR di Tanah Bumbu ini bisa membantu penanganan Covid-19 di Kalsel secara umum, khususnya Kab Tanah Bumbu dan kabupaten tetangga lainnya yang membutuhkan.

Mengingat Laboratorium PCR di BBTKLPP di Banjarbaru sudah terlalu banyak smpel spesimen dan lamanya waktu pengiriman.

“Keberadaan laboratorium PCR yang berada di Loka Litbang Tanbu bisa membantu jalannya proses pemeriksaan pasien Covid-19 lebih cepat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Pemkab Tanah Bumbu menerima bantuan berupa 800 alat rapid test dan 400 VTM yang akan diginakan untuk penanganan Covid-19 di Bumi Bersujud.(rr) foto: ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *