, , , , ,

Tekan Penyebaran Covid-19, Kalsel Bangun Kampung Tangguh Banua

by -284 views

bingkaibanua.com Banjarmasin – Upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kalsel, Pemprov Kalsel bersama stakeholder membentuk Kampung Tangguh Banua.

Dibentuknya Kampung Tangguh Banua di Kalsel ini, merupakan upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan gerakan aksi nyata yang menitik beratkan keterlibatan elemen masyarakat yang aktif baik secara personal maupun kelompok melalui pendampingan khusus dari stakeholder.

Kampung tangguh banua yang dibangun di seluruh kabupaten/kota, bertujuan untuk memutus dan mengurangi penyebaran Covid-19 di Kalsel, dengan cara menumbuhkan serta membangun kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kesehariannya.

Kampung tangguh banua juga bertujuan untuk membangun solidaritas dan kemandirian masyarakat dalam meminimalisir dampak sosial ekonomi, dan menyosialisasikan masyarakat produktif dan aman dari Covid-19 dalam menghadapi tatanan kehidupan baru.

Pembangunan Kampung Tangguh Banua ditandai dengan pendirian posko terpadu pencegahan dan penanganan covid-19 yang diisi perwakilan TNI-Polri, masyarakat setempat, petugas puskesmas dan dinas kesehatan.

Posko-posko ini akan melaksanakan kegiatan berupa pengamanan dan pengecekan kesehatan masyarakat secara mandiri, pembatasan keluar masuk masyarakat ke lingkungan kampung.

Para perangkat desa juga akan dilibatkan dalam kampung tangguh banua ini, penjagaan di desa dan kecamatan sebagai ujung tombak keluar masuknya masyarakat.

Karena masyarakat pendatang pasti akan masuk kedesa-desa, jadi penjagan harus diperkuat dengan kampung tangguh agar masyarakat setempat dapat terlindungi.

Semoga dengan dibentuknya kampung tangguh banua ini, bisa menekan penyebaran covid-19 di Kalsel.(ws)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *