, ,

Uniska Gelar Lomba MTQ Virtual Se-Indonesia

by -168 views
Uniska Gelar MTQ Virtual Se-Indonesia

bingkaibanua.com Banjarmasin – Uniska Banjarmasin akan menggelar lomba MTQ secara virtual dari tanggal 6 sampai 30 Juli 2020, melalui aplikasi Zoom meeting.

MTQ virtual yang digelar Uniska Banjarmasin ini terbuka untuk para pelajar SMA maupun Madrasyah Aliyah dan Pondok Pesantren sederajat. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan agamis yang melibatkan para pelajar.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Panitia Penyelenggara, H Abdul Hafiz kepada bingkaibanua.com, Selasa (21/7/2020) di ruang kerjanya, MTQ Virtual ini diselenggarakan untuk mengisi kegiatan di masa pandemi Covid-19 di Kalsel, yang diperuntukkan bagi para milenial, yaitu para pelajar SMA maupun Madrasyah Aliyah dan Pondok Pesantren sederajat.

“Masa pandemi yang tengah kita hadapi ini, kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya MTQ yang digelar secara virtual oleh Uniska,” ujarnya.

Ditambahkan pria yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Studi Islam Uniska Banjarmasin, dengan adanya lomba ini, selain dapat mengisi kegiatan di masa pandemi dengan kegiatan yang bermanfaat, juga dapat mengisi waktu luang bagai para pelajar, sekaligus dapat mengasah kemampuan mereka di bidang keagamaan.

Secara teknis hafiz mengatakan, para Pelajar di Indonesia dapat mengikuti kegiatan ini dan dapat mengirimkan Video Tartil dan Video Pidato ke panitia pelaksana, guna mengikuti kegiatan Lomba MTQ Virtual Millenial.

Pengiriman video mulai tanggal 6 sampai 30 Juli 2020. Babak final 5 Agustus 2020, melalui aplikasi Zoom meeting.

Untuk pidato ada dua thema yang dapat dipilih, yaitu :

  • Solusi Al-Qur’an Dalam Mengatasi Wabah Covid-19.
  • Kiat-kiat Mewujudkan Generasi Milenial Yang Unggul, Inovatif Berjiwa Qur’ani.

Sedangkan pilihan Surah Tartil babak penyisihan, yaitu :

  • Qur’an Surah Al-Mujadil ayat 11 dan seterusnya.
  • Qur’an Surah Al-Hasyar ayat 18 dan seterusnya.

“Sasaran dari pada MTQ ini adalah siswa di tingkat SMA, Madrasyah Aliyah ataupun pondok pesantren sederajat. Lomba-lombanya di sini ada dua. Lomba Cabang Tartil Qur’an untuk putra dan putri. Kemudian lomba pidato Bahasa Indonesia putra dan putri, dan bisa diikuti oleh pelajar di seluruh Indonesia,” jelas Hafiz.

Lomba ini akan memperebutkan Piala Paman Birin, Gubernur Kalsel dan Piala Rektor Uniska Banjarmasin.(rr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *