Simak Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Bisnis Laundry Sepatu

by -92 views


Bisnis untuk sekarang ini merupakan sesuatu yang banyak dilakukan oleh para kaum millennial. Salah satunya yaitu bisnis laundry sepatu, mungkin terdengar sangat jarang dan bahkan tidak ada disekitar kita untuk saat ini. Namun sebagai seorang yang visioner tentu saja kita harus berfikir kedepan dengan berbagai ide dan gagasan yang membangun, terlebih dalam dunia bisnis tersebut. dalam bisnis laundry sepatu maka ada banyak hal yang peril untuk Anda persiapkan.

Seperti apa sih sebenarnya gambaran mengenai hal-hal yang perlu untuk disiapkan dalam membangun bisnis laundry sepatu ini? Yuk kita Lihat disini.

Beberapa Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Bisnis Laundry Sepatu

1. Lakukan Analisis Mengenai Prospek Bisnis
Dalam menentukan langkah bisnis pastinya menelusuri terlebih dahulu tentang langkah pertama yang harus Anda lakukan. Tujuannya yaitu untuk memastikan kalau bisnis yang dijalankan tersebut benar-benar diterima oleh masyarakat dengan melakukan survey serta analisis sederhana untuk melihat para calon konsumen.

Mungkin Anda dalam hal ini belum tahu caranya, sebenarnya sangat mudah yaitu dengan mengamati masyarakat yang ada disekitar Anda, dan pastikan bahwa mereka cocok untuk menjadi konsumen untuk jasa cuci sepatu. Pada umumnya pelanggan jasa tersebut biasanya dari berbagai kalangan, seperti anak muda yang suka fashionable, mahasiswa, pekerja kantoran serta anak yang masih sekolah. Melakukan analisa terhadap hal ini tentu saja sangatlah penting sekali.

2. Siapkan Perlengkapan Usaha Laundry Sepatu
Selanjutnya sesudah Anda melakukaan analisis prospek bisnis serta memastikan bahwa bisnis yang Anda miliki berpotensi sukses, maka langkah berikutnya yaitu mempersiapkan berbagai macam peralatan yang digunakan untuk usaha tersebut beberapa peralatan yaitu seperti tempat untuk memulai usaha yang biasa menampung mesin cuci, Siapkan lahan digunakan untuk menjemur sepatu, Rak sepatu, Rak untuk peralatan dan perlengkapan pendukung lainnya.

Beberapa peralatan diatas tentu saja harus dipersiapkan dengan baik, untuk kelancaran usaha Anda.

3. Langkah Selanjutnya Dengan Membeli Mesin Cuci
Selanjutnya untuk persiapan yang ketiga yaitu menentukan mesin cuci yang harus Anda beli, Anda harus memperhatikan jenis mesin cuci beserta dengan harga yang cocok sesuai dengan jumlah modal Anda.

Dalam hal ini jenis mesin cuci untuk sepatu tentu saja cukup berbeda dengan mesin cuci pakaian, jangan pernah sekali-sekali Anda menggunakan mesin cuci pakaian karena bisa merusaknya.

Mengenai harganya biasanya mesin cuci untuk sepatu ini sekitar 2 jutaan rupiah, nah supaya lebih praktis maka Anda bisa mencari mesin yang sudah dilengkapi dengan menggunakan pengering sekaligus.

Jika usaha Anda tersebut masih tahap awal maka membeli 1 buah mesih cuci saja tentu sudah cukup. Jika pengguna jasa Anda tersebut semakin hari berpotensi semakin besar, maka bisa menambah mesin cuci.

4. Siapkan Peralatan Cuci Sepatu
Setelah kita membeli mesin cuci, maka bukan berarti sudah selesai untuk peralatan yang digunakannya. Masih ada beberapa peralatan yang juga digunakan. Peralatan yang digunakan tergantung dari teknik mencuci sepatunya, diantaranya seperti ini;

Wet clean : water atau air, parfum, neutralizer, cleaner, surfaktan, dan anti bacterial.
Dry clean : neutralizer, anti bacterial, shoes screaner, dan parfum
Combination : botol semprot ukuran sedang, spons khusus suede, karet penghapus, kain microfiber, kuas halus, sikat kasar, dan sikat halus.

5. Lakukan Catatan keuangan
Dalam usaha kita tidak boleh lengah dengan mencatat secara rinci mengenai pengeluaran dan pemasukan yang kita miliki, biasanya menggunakan moodah sebagai salah satunya.

Artikel tersebut mengutip dari website bukuwarung, Berikut URL nya;
https://bukuwarung.com/bisnis-laundry-sepatu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *