Bingung Ingin Vaksin Surabaya yang Dekat? Ini Solusinya

by -117 views


Vaksin seperti yang tau bahwa dewasa ini kita sudah sangat mengenal istilah tersebut, terlebih disaat banyak berbagai penyakit dan virus seperti saat ini kata vaksin sudah sangat familiar terdengar di telinga kita. Salah satu tempat yang kini banyak membutuhkan vaksin yaitu Surabaya.Surabaya merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia, kalau menginginkan vaksin disana kini sangat mudah untuk kita mencarinya. Dengan melalui aplikasi halodoc maka kita sudah bisa mencari vaksin yang sedang kita cari. Kita bisa mencari vaksin yang kita inginkan, disana juga ada referensi rumah sakit yang menyediakan vaksin tersebut.

Untuk Anda yang mau mancari vaksin surabaya pastikan bahwa sudah tahu vaksin apa yang dicari. Ini dia bisa Anda temukan beberapa jenis-jenis vaksin, diantaranya;

Jenis – Jenis Vaksin

1. Vaksin Mati
Ini merupakan salah satu vaksin yang tidak aktif yang memiliki kandungan bakteri ataupu virus yang sudah dimatikan dengan suhu yang cukup panas, bahan kimia atau radiasi.

Proses yang dilewati ini membuat vaksin tetap hidup, tetapi tidak dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Ini memiliki efek pada tubuh bisa mendapatkan kekebalan tanpa adanya resiko terinfeksi kuman yang terdapat di dalam vaksin tersebut. Contohnya vaksin tersebut yaitu seperti DPT, flu dan polio.

2. Vaksin Hidup
Selanjutnya yaitu jenis vaksin hidup, dalam hal ini bakteri ataupun virus yang terkandung di dalamnya tidak dimatikan hanya di lemahkan. Virus yang terdapat berada di dalam vaksin tersebut tidak menyebabkan penyakit, akan tetapi bisa berkembang biak sehingga dapat merangsang tubuh untuk dapat melakukan reaksi terhadap sistem imun.

Efek dari vaksinasi hidup ini yaitu kekebalan tubuh akan lebih kuat dan biasanya perlindungannya juga lebih lama walaupun vaksin yang diberikan hanya beberapa kali saja. Demikian juga mengenai masalah perlakuan, agak lebih tricky. Karena vaksin tersebut juga harus disimpan ada di lemari pendingin yang khusus supaya virus tetap hidup. Contoh vaksin tersebut diantaranya seperti vaksin BCG, cacar air dan MMR.

3. Vaksin Toksoid
Ini merupakan sebagai jenis vaksin yang selanjutnya yaitu vaksin toksoid yang memiliki fungsi untuk menangkal efek racun dari sebuah bakteri. Pembuatan vaksin ini sendiri yaitu dengan cara mengambil racun bakteri untuk kandungannya yang kemudian diolah secara khusus sehingga ini tidak akan berbahaya bagi tubuh. Contoh vaksin ini yaitu dikenal dengan vaksin difteri.

4. Vaksin Biosintetik
Ini merupakan salah satu jenis vaksin yang memiliki kandungan antigen yang diolah secara khusus, sehingga bisa menyerupai bakteri ataupun virus. Ini memiliki manfaat untuk membuat kekebalan tubuh terhadap berbagai macam jenis virus pada strain yang sejenisnya. Selain itu juga, jenis tersebut sangat aman untuk digunakan oleh orang yang sedang mengalami gangguan kekebalan tubuh. Atau dalam hal ini menderita penyakit kronis, contohnya yaitu vaksin Hib.

Pada dasarnya mengenai masalah vaksinasi atau pemberian vaksin ini merupkan upaya sebuah dasar yang bisa dibilang sangat efektif digunakan dalam mencegah datangnya risiko penyakit berbahaya yang bisa berakibat pada kematian. Maka dari itu memperoleh vaksin merupakan hal yang wajib dan harus dilakukan. Bagi Anda yang kini tinggal di Surabaya dan ingin mencari vaksin ini maka bisa melakukan pencarian terlebih dahulu dengan menggunakan halodoc.

Dengan hadirnya halodoc ini kita akan sangat mudah sekali berkonsultasi dan melihat rumah sakit yang bisa digunakan untuk vaksinasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *