, ,

Rakerda LPTQ Kalsel: Perkuat Peran LPTQ Wujudkan Generasi Qur’ani

by -71 views
foto: adpim kalsel

bingkaibanua.com Banjarmasin – “Penguatan kelembagaan LPTQ sangat kita perlukan. Tanpa adanya penguatan kelembagaan, tidak mudah bagi LPTQ untuk meningkatkan kapasitas organisasi dan peningkatan peran yang selama ini melekat dengan keberadaan LPTQ,”

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Plt Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatn dan Sumber Daya Manusia, Fathurrahman pada Rapat Kerja Daerah LPTQ Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (12/10) di Hotel Rodhita Banjarmasin.

Dikatakan Fathurrahman, LPTQ Prov Kalsel perlu melakukan penguatan-penguatan diberbagai aspek, seperti peningkatan SDM, peningkatan fasilitas pendukung, serta peningkatan anggaran. Di sisi lain, sinergi LPTQ dengan pemerintah juga perlu ditingkatkan, termasuk dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan.

“Penguatan kelembagaan LPTQ sangat kita perlukan. Tanpa adanya penguatan kelembagaan, tidak mudah bagi LPTQ untuk meningkatkan kapasitas organisasi dan peningkatan peran yang selama ini melekat dengan keberadaan LPTQ,” ujarnya.

Ditegaskan Fathurrahman, penguatan kelembagaan LPTQ juga perlu dilakukan karena tantangan dan ujian yang dihadapi umat islam pada masa kini semakin berat, khususnya menghadapi dampak negatif dari kemajuan teknologi informasi dan perubahan nilai-nilai kehidupan.

“Teruslah bergerak untuk memperjuangkan agar Al-Qur’an membumi di Kalsel, baik dari keindahan bacaan maupun pengamalan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Dalam pelaksanaan Rakerda LPTQ Prov Kalsel 2020 ini mengangkat tema “Dengan Semangat Rakerda Kita Satuka Tekad Menyongsong Prestasi Gemilang MTQ Nasional Tahun 2022 di Kalimantan Selatan”.

Diangkatnya tema ini, tidak lepas dari Prov Kalsel yang akan dipercaya untuk menjadi tuan rumah MTQ Nasional Tahun 2022. Menghadapi event akbar ini, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalimantan Selatan bertekad meningkatkan raihan prestasi dibanding tahun sebelumnya, salah satunya dengan melakukan studi banding ke daerah lain yang dianggap lebih unggul.

“Melalui Rakerda ini LPTQ Kalsel membulatkan tekad bergerak menyongsong prestasi yang lebih baik di tahun 2022,” ujar Ketua I LPTQ Kalsel, H M Arsyad.

Mengingat peran Kalsel sebagai tuan rumah, Arsyad mengatakan LPTQ Kalsel berkewajiban menyukseskan penyelenggaraan lomba seni baca, hafalan, tafsir, syarah, seni kaligrafi, penulisan karya tulis ilmiah al-Quran, dan hafalan al-Hadits tersebut.

“LPTQ berkewajiban untuk turut serta menyukseskan Kalsel sebagai tuan rumah penyelenggara MTQ Nasional tahun 2022 baik itu sukses pelaksanaan ataupun prestasi. Selain itu titik berat LPTQ adalah mempersiapkan kafilah yang berprestasi,” pungkasnya.(ws)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *