,

Tabalong Jadi Daerah Open Defecation Free (ODF) Pertama Di Kalimantan

by -108 views
foto: pariwisata tabalong

bingkaibanua.com Banjarbaru – Kabupaten Tabalong menjadi kabupaten yang pertama di Kalimantan Selatan bahkan di Kalimantan meraih predikat Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Kepastian Tabalong menjadi daerah ODF atau daerah yang bebas dari perilaku BABS, ditandai dengan deklarasi ODF Kabupaten Tabalong, Senin (12/10) secara virtual.

Diungkapkan Bupati Tabalong, Anang Syakfiani, prestasi ini merupakan hasil kerja dari semua pihak dan penghargaan ini sesungguhnya adalah penghargaan untuk warga masyarakat Tabalong yang dengan penuh kesadaran telah meninggalkan kebiasaan buang air besar sembarangan.

“Ini karena seluruh warga masyarakat Kabupaten Tabalong makin memahami tentang pentingnya untuk tidak buang air besar sembarangan,” ujarnya.

Sementara Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan yang hadir secara virtual meminta kepada pemerintah Kabupaten/Kota di daerahnya mengikuti langkah Kabupaten Tabalong yang sukses menerapkan Open Defection Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

“Saya minta kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk dapat mengkuti program ODF yang telah dicapai Kabupaten Tabalong, sehingga Kalimantan Selatan menjadi Provinsi ODF,” ucapnya.

Disampaikan Plt Gubernur Kalsel, Tabalong merupakan daerah pertama di Kalsel bahkan di Kalimantan yang menjadi daerah ODF, selain Tabalong dua daerah lain di Kalimantan yang sudah menjadi daerah ODF adalah Kota Samarinda dan Kota Bontang.

“Ini adalah suatu capaian dan prestasi yang layak kita banggakan dan kita apresiasi,” katanya.

Dikatakan Wagub, merubah perilaku masyarakat dalam membuang air besar yang sesuai dengan tuntutan kebersihan dan kesehatan tidaklah mudah, terlebih banua ini banyak memiliki sungai yang dijadikan sebagian masyarakat untuk beraktifitas MCK.

Namun usaha terus dilakukan untuk merubah dan membiasakan masyarakat untuk membuang airbesar di jamban yang sehat.

“Hari ini usaha kita mulai terlihat hasilnya, dimana Kabupaten Tabalong bisa membuktikan bahwa kita bisa membebaskan daerah dari BABS,” tambahnya.(ws)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *