Panduan Mudah Membeli Perhiasan Berlian Sesuai Bujet

by -126 views


Sejak zaman dulu, perhiasan berlian menjelma sebagai media untuk mengekspresikan gaya yang dipunyai tiap-tiap manusia, terutama wanita. Sebut saja anting, kalung, gelang, liontin, hingga cincin kawin.

Hampir semuanya menggunakan berlian sebagai material utamanya. Lantas, bagaimana cara memilih produk berlian sesuai bujet pengguna?

Panduan Membeli Berlian Sesuai Bujet
Berikut ini merupakan beberapa panduan dalam pembelian berlian yang bisa disesuaikan dengan bujet pengguna. Let’s get to the list!

1. Beli Secara Online
Toko berlian online umumnya memiliki lebih banyak varian produk dibanding toko konvensional. Selain itu, harga yang dipatok untuk tiap-tiap perhiasan cenderung lebih murah.

Bukan tanpa alasan, untuk dapat beroperasi sebuah toko perlu membayarkan sejumlah uang sewa, karyawan penjualan, juga penjualan yang ketat. Guna menutupi faktor tersebut. Toko perhiasan kemudian akan menaikkan harga berlian sedikit lebih tinggi.

2. Tentukan Anggaran
Berlian dipasarkan dengan harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengatur anggarannya terlebih dahulu. Baru kemudian melakukan riset untuk memahami jenis dan seberapa besar ukuran berlian yang bisa dibeli dengan anggaran tersebut.

Dengan begini, Anda bisa mempersempit daftar keinginan berlian sesuai bujet yang di kantong.

3. Pahami Soal 4C
Saat hendak membeli sebuah perhiasan, meski dengan anggaran terbatas sekalipun, seseorang wajib memiliki pengetahuan terkait parameter dasar menilai berlian, dimana hal tersebut kerap kali disebut sebagai 4C.

● Carat
Jika dilihat secara eksponensial, harga sebuah berlian akan meningkat seiring dengan bertambahnya berat yang dimilikinya. Parameter satuan berat yang menyiratkan ukuran dari berlian ini adalah karat.

● Cut
Secara harfiah, cut menggambarkan seberapa baik suatu berlian dipotong hingga dapat mencapai proporsi sempurna. Yang mana kategori sempurna disini mengindikasikan potongan berlian mampu memantulkan cahaya terbaik dan indah untuk dilihat.

Semakin sempurna cuttingan yang dimilikinya, akan semakin mahal pula kisaran harganya.

● Color
Bagi sebagian orang perhiasan yang disebut sebagai berlian memiliki warna bening/transparan. Namun sebenarnya, berlian mempunyai beberapa warna lain yang tak kalah menarik. Sebut saja kuning, biru, merah, dan pink.

Agar memudahkan calon pembeli dalam menilai warna berlian, Gemological Institute of America (GIA) secara khusus memberikan panduan terkait grade warna sebagai berikut:

a. Grade D-F: kategori colorless
b. Grade G-J: kategori near colorless
c. Grade K-M: kategori faint yellow
d. Grade N-R: kategori very light
e. Grade S-Z: kategori light yellow

Demi memperoleh perhiasan dengan harga terjangkau, Anda disarankan untuk memilih berlian dengan kategori near colorless grade G-J. Ini dikarenakan berlian dengan grade D-F, alias colorless, memiliki status tertinggi dan kerap digunakan sebagai standar. Sehingga membuatnya mempunyai harga yang sangat mahal.

● Clarity
Secara garis besar, clarity menjelaskan soal jumlah ketidaksempurnaan yang dimiliki oleh sebuah berlian. Mulai dari I (Included), Sl (Slightly), VS (Very Slightly), hingga VVS (Very Slightly Included).

Sl1 atau Sl2 merupakan nilai kejernihan terbaik dari berlian dengan harga relatif murah. Apabila Anda menghendaki pengurangan berlian agar bisa memperoleh clarity yang setara dengan ukuran VS2, tentu hal tersebut akan menjadi langkah tepat untuk diambil lantaran banyaknya kesenjangan dalam hal penampilan dan kualitas berlian antara Sl dan VS.

Demikianlah panduan membeli perhiasan berlian dengan harga terjangkau. Untuk calon pembeli yang sedang mencari-cari produk perhiasan, Passion Jewelry bisa jadi opsi terbaik untuk dipertimbangkan.

Passion Jewelry sendiri menjajakan produk perhiasan berlian dengan design terbaru dan kualitas terbaik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan akses passionjewelry.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *