, ,

Ada Layanan Terapi Kanker di RSUD Ulin Banjarmasin

by -224 views

bingkaibanua.com Banjarmasin – RSUD Ulin Banjarmasin menambah jumlah sarana layanan kesehatannya. Kini RSUD Ulin Banjarmasin telah mengoperasikan Ruang Onkologi Radiasi atau Radioterapi, yaitu terapi radiasi sebagai prosedur medis untuk penyembuhan penyakit kanker.

Ruang Radioterapi ini diresmikan operasionalnya oleh Pj Gubernur Kalsel Dr Safrizal ZA,MSi didampingi Dirut RSUD Ulin dr Hj Suciati dan Kadinkes Kalsel HM Muslim, Kamis (25/2/2021).

Pj Gubernur mengatakan dengan diresmikannya ruang radioterapi ini, maka RSUD Ulin dapat meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kita harapkan dengan penambahan ruang radioterapi, dapat membantu proses penyembuhan pasien kanker baik yang berasal dari Kalsel maupun Kalteng,” katanya.

Dengan teknologi baru ini, diharapkan pasien kanker tak perlu lagi pergi berobat ke luar daerah.

“Tenaga kesehatan juga sudah lengkap, dan saya dengar sudah ada 36 pasien kanker yang mendaftarkan diri untuk diterapi radiasi di RS Ulin,” kata Safrizal.

Bagi penderita kanker juga diimbau secepatnya berobat sebelum penyebaran penyakit semakin meningkat di tubuhnya.

“Semakin cepat diobati maka kemungkinan bisa disembuhkan semakin tinggi, makin awal diketahui stadium kankernya maka semakin mudah disembuhkan,” kata Safrizal.

Sementara Dirut RSUD Banjarmasin, Hj Suciati mengatakan pada 2009 hingga 2015 pihak RSUD Ulin pernah memiliki terapi radiasi penyakit kanker. Namun, karena proses pembersihan limbah vakum selama 5 tahun, hingga pada hari ini punya lagi ruang radioterapi bagi penyembuhan kanker.

Biaya Pelayanan Terapi Kanker

Leave a Reply