,

Banjarmasin Masuk 20 Besar Kota Terbesar Berdasarkan Skala Ekonomi di Luar Jawa

by -111 views
Suasana Sungai Martapura di Banjarmasin, Kalsel / foto: istimewa

bingkaibanua.com Banjarmasin masuk dalam jajaran 20 kota besar di luar Pulau Jawa berdasarkan skala ekonomi.

Hal tersebut berdasarkan data terbaru Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

Akhir tahun 2020, BPS resmi merilis data terbaru Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) seluruh kabupaten, kota hingga provinsi di Indonesia.

Sajian data tersebut terdiri dari total PDRB lengkap dengan PDRB per kapitanya, baik dalam bentuk harga berlaku maupun harga konstan.

Indikator yang digunakan dalam pengukuran skala ekonomi kali ini adalah menggunakan total PDRB (bukan per kapita).

PDRB sendiri adalah jumlah nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari seluruh kegiatan perekonomian di seluruh wilayah kabupaten, kota, maupun provinsi dalam periode tertentu.

PDRB biasanya dipakai untuk mengukur skala ekonomi suatu wilayah.

Berdasarkan data BPS 2019, yang dirilis akhir tahun 2020 menempatkan Medan sebagai kota dengan skala ekonomi terbesar di luar Pulau Jawa. Total PDRB Medan menyentuh angka Rp241.882 miliar. Posisi selanjutnya diisi oleh Makassar, Batam dan Palembang.

Sementara Banjarmasin berada di urutan 16 dengan total PDRB menyentuh angka Rp33,042. Banjarmasin berada di bawah Dumai, Tarakan, dan Manado yang masing-masing berada di urutan 15, 14, dan 13.

Sementara di bawah Banjarmasin ada Jayapura, Jambi, Palu, dan Bengkulu di urutan ke-20.

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *