,

Akhirnya MTQ Ke-33 Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2021 Digelar Secara Virtual

by -17 views

bingkaibanua.com BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan ( Kalsel) akhirnya menetapkan pelaksanaan MTQ Ke-33 Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2021 digelar secara virtual.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA dalam Konferensi Pers, Selasa 6 April 2021 di Banjarmasin.

Pelaksanaan MTQ Ke-33 Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2021 yang digelar secara virtual, dilaksankan mulai 7 – 9 April  2021 dan digelar untuk seluruh cabang lomba.

Sedangkan para juri atau dewan hakim, dipusatkan di Kabupaten Tanah Bumbu, dan dilaksanakan jauh lebih cepat, yaitu hanya 3 hari.

Baca Juga: Ratusan Peserta Terpapar Covid-19, MTQ Ke-33 Tingkat Prov Kalsel Ditunda

Waktu pelaksanan dengan tata cara ini,  jauh lebih cepat dari jadwal MTQ semula yakni 3 – 9 April 2021 di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

Pelaksanaan dan metode lomba pun dilakukan perubahan demi mempersingkat waktu yaitu menerapkan sistem gugur.

“Jika ini behasil (MTQ virtuall, red), akan jadi rule model bagi provinsi lain melakukan MTQ  yang serupa,” ujarnya.

Terkait peserta yang masih terpapar covid-19, masih diberi kesempatan ikut lomba dengan beberapa catatan, yakni  tidak diperkenankan bertemu orang lain atau masyarakat umum.

Baca Juga: Alasan Ditundanya MTQ Kalsel di Tanah Bumbu

Peralatan  yang digunakan bisa melalui  gadget, jika kafilah bisa ikut dan aman dalam segi kesehatan, dan sinyal internet baik.

“Bila dinilai tidak aman, sinyal di tempat  karantina tidak cukup, maka yang bersangkutan tidak bisa ikut lomba,” tegas Safrizal.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan MTQ Kalsel bisa melihat televisi yang menjadi mitra LPTQ, radio atau video streaming.

Seyogyanya, pelaksanaan MTQ XXXIII Tingkat Provinsi Tahun 2021 digelar secara langsung di Kab Tanah Bumbu. Namun karena banyaknya peserta atau kafilah yang terpapar Covid-19, maka pelaksanaan MTQ ditunda dan diputusakan diselenggarakan secara virtual.

Pemenang lomba akan menjadi wakil  Kalsel di MTQ tingkat nasional pada Oktober nanti.(ws/ foto: adpim kalsel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *