, , ,

Larangan Mudik Lebaran, Ada 6 Titik Penyekatan di Wilayah Kalsel

by -157 views

bingkaibanua.com Banjarmasin – Pemerintah telah menetapkan kebijakan larangan mudik lebaran tahun 2021.

Kebijakan larangan mudik ini berlaku mulai tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021 atau jelang momen Idul Fitri atau lebaran 2021.

Menindaklanjuti kebijakan larang mudik lebaran tahun 2021, khususnya di daerah Kalsel, akan ada 6 titik penyekatan di enam arus lalulintas di wilayah Kalsel.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto usai mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral yang secara virtual, Rabu (21/4/2021).

Kapolda Kalsel Rikwanto mengatakan, pihaknya akan melakukan penyekatan di enam arus lalulintas di wilayah Kalsel, diantaranya perbatasan Batola dengan Kapuas, Desa Kecamatan Paminggir dengan Barito Selatan.

Kemudian perbatasan Kalua dengan Kalteng, Jaro dengan Kaltim, Kotabaru dengan Kaltim, serta Kabupaten Tapin dengan Kabupaten Banjar.

“Selama penjagaan semua harus berusaha sehumanis mungkin. Tidak ada otot-ototan di lapangan, semoga masyarakat memahaminya dan berharap tokoh agama dan tokoh masyarakat bisa membantu menyosialisasikan larangan mudik lebaran yang ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Sementara Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA mengatakan, pelarangan aktifitas mudik akan diperketat, larangan juga berlaku bagi semua ASN, TNI/Polri, BUMN dan Instansi Vertikal. Artinya tidak hanya masyarakat yang akan dilarang mudik.

“Kecuali yang dikecualikan seperti kedinasan, itupun harus membawa surat dinas, kemudian angkutan logistik, energi, kesehatan ataupun kegiatan ekonomi lainnya dengan alasan yang tepat akan tetap diperbolehkan,” terangnya.

Larangan mudik 2021 dan sanksinya dimuat dalam Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 selama bulan suci Ramadan 1442 Hijriah dan Undang-Undang (UU) nomor 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.(rr/ foto: humaspoldakalsel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *