, , ,

Cara Menggunakan Layanan Telemedicine Bagi yang Menjalani Isolasi Mandiri

by -48 views

bingkaibanua.com Layanan telemedicine hadir untuk membantu masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman), akibat terkonfirmasin positif Cobid-19.

Dalam layanan telemedicine ini, ada layanan konsultasi, dan pemberian paket vitamin & obat gratis bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) akibat terkonfirmasi positif Covid-19.

Ada 11 platform telemedicine di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes antara lain Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

Lantas bagaimana cara mendapatkan layanan telemedicine?

Dikatakan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg. Widyawati, MKM, layanan telemedicine ini gratis dimulai dari proses pengambilan dan pemeriksaan sampel di laboratorium.

“Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan,” katanya. (Baca: Daftar Laboratorium Pemeriksaan PCR yang Terdaftat di Kemenkes)

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan test COVID-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id

Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 layanan telemedicine.

Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

Sebelum berkonsultasi, pasien harus menginformasikan bahwa dirinya adalah pasien program Kemenkes.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien. Hanya pasien kategori isoman, yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.(rr)

Sumber: Kemenkes RI

One thought on “Cara Menggunakan Layanan Telemedicine Bagi yang Menjalani Isolasi Mandiri

  1. Pingback: Banjarmasin dan Banjarbaru Terapkan PPKM Level IV, Akankah Ada Layanan Telemedicine dan Paket Vitamin & Obat Gratis Bagi Isoman? – Wasakanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.