Ciri-ciri Orang yang Mengalami Gigi Sensitif di Sehatq.com

by -160 views

 

Gigi sensitif adalah masalah yang umum dialami hampir setiap orang. Gigi sensitif biasanya terjadi pada rentan usia antara 20 sampai 40 tahun. Gigi sensitif juga lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan oleh pria. Selain itu lansia juga lebih sering mengalami gigi sensitif. Gigi sensitif merupakan kondisi dimana gigi akan terasa ngilu sampai ke gusi ketika seseorang makan atau minum sesuatu yang bersifat panas, dingin, manis dan asam. Gigi sensitif dapat terjadi kerena lapisan pelindung gigi yang biasa disebut enamel gigi mengalami kerusakan akibat kebersihan gigi tidak terjaga. Hal ini menyebabkan makanan yang kita makan langsung bersinggungan dengan dentim gigi yang hanya memiliki lapisan yang tipis pada gigi sehingga zat makanan tersebut bereaksi langsung pada syaraf gigi kita. Oleh sebab itu kita merasakan ngilu pada gigi sampai ke gusi. Gigi sensitif dapat terjadi akibat gigi berlubang, makanan yang terlalu manis, asam, panas atau dingin. Dapat juga terjadi sebab efek samping dari penyakit magh ataupun pemakaian mouthwash yang memiliki kandungan alkohol. Gigi sensitif dapat bersifat sementara bahkan bisa juga permanen tergantung oleh bagaimana kita menjaga gigi kita. 

Orang yang mengalami gigi sensitif akan merasa ngilu pada gigi sampai gusi ketika makan atau minum sesuatu yang sifatnya terlalu panas, terlalu dingin, terlalu manis dan terlalu asam. Kondisi ini sangat membuat kita kurang bisa menikmati makanan atau minuman yang kita suka.  Lebih parahnya lagi dapat mengurangi nafsu makan kita sebab rasa ngilu yang muncul ketika makan ataupun minum. Untuk mengetahui lebih lengkap tebtang ciri-ciri gigi sensitif. Anda dapat mengunjungi situs direktori penyakit yaitu sehatq.com, atau anda dapat mendownload aplikasinya. 

Ketahui Faktor yang Mengakibatkan Gigi Sensitif

Faktor paling utama yang menyebabkan gigi sensitif adalah rusaknya lapisan enamel gigi yang berfungsi sebagai lapisan pelindung gigi sehingga mengakibatkan lapisan dentin gigi terekspose. Keadaan tersebut menyebabkan makanan atau minuman yang masuk ke mulut dapat bersinggungan dengan syaraf langsung dan mumunculkan rasa ngilu atau nyut-nyutan pada gigi sampai ke gusi. Selain rusaknya lapisan pelindung gigi, gigi sensitif juga sering terjadi disebabkan oleh turunnya garis gusi sehingga terbukanya akar gigi. Kondisi seperti ini banyak terjadi pada lansia dengan rentan usia 70 tahun ke atas. Tak jarang seorang lansia di usia tersebut mengalami kerusakan gigi yang cukup parah bahkan sampai ompong. Selengkapnya dapat anda lihat pada direktori penyakit di sehatq.com.

Faktor yang Mengakibatkan Gigi Terasa Ngilu pada Gigi sensitif

Ada berbagai faktor yang dapat menimbulkan rasa ngilu pada gigi sensitif. Menurut para dokter, rasa ngilu tersebut muncul akibat lapisan dentin yang langsung bersinggungan dengan serabut syaraf pada gigi terjadi kontak langsung dengan makanan atau minuman yang sifatnya terlalu panas, terlalu dingin, terlalu asam atau manis. Tidak jarang pula rasa ngilu muncul hanya karena suhu udara yang dingin. Ada beberapa kebiasaan kita yang tanpa kita sadari dapat merusak lapisan pelindung gigi, seperti:

  1. Menyikat gigi terlalu keras
  2. Kebiasaan menggretakkan gigi
  3. Makan makanan dengan kadar asam tinggi
  4. Makanan atau minuman panas, dingin, atau terlalu manis.
  5. Menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol
  6. Akibat dari penyakit magh. Asam lambung yang naik juga dapat mengakibatkan terkikisnya lapisan pelindung pada gigi. 

Lebih lengkapnya dapat anda lihat di direktori penyakit dengan situs sehatq.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *