, , ,

Presiden Berharap Indonesia Ekspor Produk Porang Jadi

by -24 views

bingkaibanua.com Madiun (Jatim) – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) berharap porang dapat diekspor tidak hanya dalam bentuk mentah dan barang setengah jadi, tetapi sudah dalam bentuk barang jadi, seperti tepung dan beras porang.

Harapan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat berkunjung ke pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/08/2021) siang.

“Ke depan, saya berharap, porang dapat diekspor tidak hanya dalam bentuk mentah dan barang setengah jadi, namun sudah dalam bentuk beras porang,” harapnya.

Baca Juga: Wow! Porang Balangan Diekspor Ke Jepang

Dijelaskan Jokowi, tanaman ini bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya.

Selain itu, porang akan menjadi makanan masa depan karena rendah kalori, rendah karbon, dan juga rendah kadar gula.

“Saya kira ini menjadi makanan sehat ke depan. Ini juga bisa menjadi pengganti beras yang lebih sehat karena kadar gulanya sangat rendah,” sambungnya.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengatakan, porang merupakan komoditas baru yang dapat memberikan nilai tambah yang baik tidak hanya bagi perusahaan pengolah porang tetapi juga kepada para petani porang.

Presiden telah menginstruksikan kepada Menteri Pertanian untuk serius dalama mengembangkan komoditas baru ini.

“Bayangkan, satu hektar lahan dapat menghasilkan 15 – 20 ton porang. Pada musim tanam pertama para petani dapat menghasilkan hingga 40 juta ton porang dalam 8 bulan. Nilainya sangat besar, pasarnya masih terbuka lebar,” jelasnya Presiden Jokowi dalam akun media sosialnya.

Baca Juga: Pasca Diekspor Ke Jepang, Porang Balangan Bakal Dijadikan Komoditas Unggulan

Untuk diketahui, porang atau dalam bahasa Latin disebut Amorphopallus muelleri blume merupakan tanaman jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat glukomanan atau zat gula dalam bentuk kompleks.

Porang biasanya diolah menjadi beras, shirataki, bahan campuran pada produk kue, roti, es krim, permen, jeli, selai, dan bahan pengental pada produk sirup. Porang juga kerap diolah sebagai produk kosmetik.(rr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.