,

Esensi Merdeka Belajar, Perguruan Tinggi Diminta Perbanyak Mata Kuliah Pilihan

by -8 views

bingkaibanua.com – Presiden Joko Widodo meminta kepada perguruan tinggi agar memfasilitasi para mahasiswa untuk mengembangkan talentanya dan mengubah pola-pola lama agar dapat mengatasi perubahan dunia.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi pada saat memghadiri Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta,

“Saya meminta perguruan tinggi memfasilitasi para mahasiswa untuk mengembangkan talentanya yang belum tentu sesuai dengan pilihan program studi, jurusan, maupun fakultas. Karena kita ingat, pilihan studi jurusan, dan fakultas tidak selalu berdasarkan pada talenta. Dan ketidakcocokan itu kadang-kadang terasa saat kuliah,” pinta Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengatakan, seorang mahasiswa tidak perlu pindah program studi, jurusan, dan fakultas. Tetapi diberi kesempatan untuk mengambil kuliah sesuai talentanya, dengan memperbanyak mata kuliah pilihan, di dalam maupun di luar kampus.

“Berikan mahasiswa kemerdekaan untuk belajar. Belajar kepada siapa saja, kepada praktisi atau industri, karena sebagian besar nanti akan menjadi praktisi. Itulah esensi Merdeka Belajar, dimana mahasiswa merdeka untuk belajar. Dan kampus juga memperoleh kemerdekaan untuk berinovasi,” tambahnya.

Presiden Jokowi mencontohkan perjalanan karir Menteri Kesehatan kita, Budi Gunadi Sadikin, yang berkarir jauh dari ilmu yang didapatkannya pada masa kuliah. Ia seorang Insinyur Teknik Fisika Nuklir yang menjadi bankir.

“Karirnya melesat sampai tangga paling puncak sebagai Direktur Utama Bank Mandiri. Dan sekarang, Pak Budi melompat lagi menjadi Menteri Kesehatan,” pungkasnya.(rr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.