, , ,

Kawasan Sekumpul Kalsel, Miliki Potensi Jadi Wisata Religi Bertaraf Dunia

by -15 views

bingkaibanua.com Banjarmasin – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekeraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Kalimantan Selatan memiliki destinasi wisata religi yang bertaraf dunia.

Wisata yang dianggap bertaraf dunia tersebut adalah saat haul ulama karismatik, yakni Guru Sakumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari di Kabupaten Banjar.

“Ini salah satu wisata religi terbesar di dunia, baik saat haul beliau mapun ziarah ke makamnya. Saya merasakannya langsung bagaiaman suasana Haul Abah Guru Sekumpul,” sebutnya.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan, potensi wisata religi Sekumpul ini, akan dikembangkan. Sehingga dapat menarik wisatawan, khususnya mereka yang suka berwisata religi.

“Ini akan kita kembangkan ke depan, karena wisatawan kita suka sekali wisata religinya ke Kairo, Mesir atau ke Istanbul, Turki. Kalau di Kalsel ini sudah kita tata sedimikian rupa, nantinya bisa kita arahkan ke Kalsel, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kalsel secara luar bisa,” jelasnya.

Baca Juga: Revitalisasi Kawasan Sekumpul

Sandiaga berharap pihaknya bersama Gubernur Kalsel Paman Birin bisa menjalin kolaborasi dan kerjasama yang baik untuk membuat terobosan bagi kemajuan wisata nasional di Kalsel ini.

“Di masa pandemi COVID-19 ini, mari kita tingkatkan keterampilan dan kolaborasi untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya yang ada di Kalimantan Selatan, Together with Paman Birin! Yes, We Can Do it!,” tandasnya.

Baca Juga: Terkesan Dengan Warung Gratis di Haul Guru Sekumpul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.