Kulkas: Beli Baru atau Bekas? Sebelum Itu Harus Tahu Dulu 6 Hal Ini!

by -22 views
sumber: solopos.com

Siapa yang tidak punya kulkas di rumahnya? Dulu bisa jadi kulkas adalah barang mewah dan tak semua orang punya. Berbeda dengan sekarang saat kulkas jadi alat elektronik yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Harganya juga bervariasi mulai dari yang harganya terjangkau sampai harga kulkas sultan juga ada seharga rumah sederhana. Dapat dibayangkan ya kalau beli kulkas sultan. Apa pun jenis kulkas yang dibeli tentunya fungsinya kurang lebih sama. Bahkan untuk kulkas bekas sekalipun. Iya kulkas bekas, kamu tidak salah baca. Kulkas bekas juga diperjualbelikan kok. Sudah tahu harga kul kan membeli kulkas yang baru ya.

Tapi sebelum memutuskan untuk mengganti kulkas bekas yang sudah ada di rumah, ada baiknya kamu ketahui dulu 6 cara membuat kulkas bekerja lebih baik dan tentu saja lebih hemat energi.

1. Lindungi dari sumber panas tinggi
Supaya makanan tetap dingin hingga suhu sempurna kompresor kulkas bekerja dengan cepat ketika berada di dekat sumber panas. Ini tidak hanya membuat kulkas bekerja lebih keras, namun membuang banyak energi dengan cepat pula bahkan bahayanya bisa membuat kulkas tidak tahan lama. Jadi saat menempatkan kulkas jauhkan dari kompor, mesin pencuci piring, oven, dan peralatan lainnya yang dapat menimbulkan panas tinggi. Jauhkan juga dari cahaya matahari langsung untuk waktu yang lama ya karena bisa membuat kulkas bekerja berlebihan.

2. Gulungan kondensor Dirapikan
Gulungan kondensor dari kulkas fungsinya menghilangkan panas dari unit. Kalau gulungan besar di bagian belakang ataupun bawah kulkas mulai berdebu, sulit untuk terus beroperasi dengan efisien sesuai rancangannya. Kalau kumparan ini melakukan pekerjaan dua kali lebih keras dari yang semestinya, hal ini menyebabkan konsumsi energi meningkat dan pada akhirnya bisa menyebabkan masalah di peralatan Anda di masa akan datang. Pastikan gulungan dibersihkan dengan benar, beli sikat bulu untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk selama bertahun-tahun dengan mudah. Tidak perlu sering membersihkan kumparan ini, cukup cegah penumpukan yang berpengaruh pada kinerja unit.

3. Dinginkan sisa makanan
Tahu alasan jangan memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas? Dengan membiarkan sisa makanan mendingin sebelum masuk ke dalam kulkas, Anda mengurangi jumlah panas yang bertambah ke bagian dalam peralatan Anda. Anda harus menyimpan makanan dengan benar dalam bungkus pelindung sebelum akan meletakkan bahan makanan di kulkas karena ini bisa mencegah panas sisa keluar ke makanan tersebut. Berhati-hati, jangan biarkan makanan Anda terlalu lama mendingin di luar kulkas, karena bisa membusuk.

4. Tutup Pintu
Jangan membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama. Biasanya anak-anak suka sekali membuka dan menutup kulkas berkali-kali, jadi pastikan mereka tahu bahwa itu tidak dilakukan terus-menerus. Apa pun jenis kulkasnya ini adalah cara paling jitu untuk mengurangi penggunaan energi. Membiarkan kulkas terbuka berdampak besar pada tagihan listrik di rumah.

5. Rapikan
Ketika makanan mudah ditemukan di dalam kulkas, Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk membuka pintu kulkas dan mengurangi jumlah listrik yang digunakan. Anda juga mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah barang di rak paling atas kulkas. Benda yang lebih besar yang disimpan di atas bisa memerangkap panas di dalam kulkas, ini memaksa kompresor kulkas bekerja lebih keras untuk mengatasi dan juga menghabiskan lebih banyak uang dalam jangka panjang.

6. Periksa suhu di dalam

Serupa dengan AC, sedikit menaikkan suhu alat bisa menghasilkan penghematan besar tagihan listrik. Supaya kulkas lebih efisien, setel suhu kulkas 2-3 derajat Celsius dan untuk freezer minus 17 sampai minus 15 derajat Celsius. Kalau alat Anda Tak memberikan pembacaan derajat yang tepat, atur unit Anda ke titik tengah pada tombol suhu. Saat beralih ke suhu baru, perlu diingat bahwa butuh waktu sampai 24 jam supaya pembaruan diterapkan sepenuhnya.

Bagaimana? Masih mau beli kulkas atau rawat dulu kulkas yang ada di rumah? Kalaupun akhirnya tetap harus ganti kulkas tak ada salahnya mencari tahu harga kulkas bekas ya, sebab dengan membeli kulkas bekas bisa menghemat pengeluaran uang dan juga mengurangi sampah elektronik yang berbahaya untuk alam dan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *